alexametrics

Aritmetika Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Oleh : Supadmi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika mempelajari banyak hal yang dikelompokkan menjadi banyak bab atau banyak pokok bahasan. Dari masing-masing bab mempunyai materi yang berbeda dan saling menyambung antara bab yang satu dengan bab yang lain. Bisa diartikan kalau mempelajari bab yang satu tentunya masih menggunakan perhitungan-perhitungan yang ada di bab sebelumnya.
Di antaranya aritmetika social. Selain menggunakan perhitungan-perhitungan dari bab sebelumnya, bab ini paling banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau bab-bab yang lain dipergunakan di bidang-bidang tertentu, aritmetika sosial ini dipergunakan hampir setiap orang dan setiap hari.

Aritmetika sosial merupakan bagian dari matematika yang banyak digunakan di perdagangan. Dalam menghitung harga beli, untung, dan harga jual. Dalam berdagang kita bisa menentukan keuntungan sesuai dengan yang kita harapkan, biasanya untung ditentukan dengan persen.

Dengan aritmetika sosial, pedagang bisa menghitung harga jual dagangannya dari harga pembelian ditambah keuntungan yang diinginkan. Sehingga untuk barang yang sama harga dibeberapa tempat tidak sama sesuai dengan keuntungan yang diinginkan pedagang.

Baca juga:  Dengan “Itik” Bikin Mudah Menghafal Aksara Jawa

Selain persentase keuntungan yang dihitung perlu juga diperhitungkan bruto, tara, dan netto. Pedagang, terutama pedagang eceran harus bisa memperhitungkan bruto atau berat kotor maksudnya berat barang dan tempatnya atau wadahnya, tara yang dimaksud adalah berat wadahnya serta netto adalah berat bersih yaitu berat bruto dikurangi berat tara. Sebagai contoh penjual telur eceran. Dia harus tahu atau mengecek berat bersih telur atau berat netto telur karena dalam pembelian telur dalam jumlah besar tempatnya kotak dari kayu.

Kalau yang ‘nyetori’ telur dalam jumlah besar menimbangnya dengan kotaknya biasanya sepuluh kilogram tentunya berat telurnya saja tidak ada sepuluh kilogram, sehingga harus diperhitungkan harga jual telurnya dari berat netto telur.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sosiologi dengan Tutor Sebaya

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk diperhitungkan yaitu apabila modalnya dari uang pinjaman atau istilah kerennya utang. Utang juga bermacam-macam, maksudnya persentase bunganya dari masing-masing pemberi pinjaman bermacam-macam. Kadang yang membutuhkan modal atau yang mau utang tidak teliti pada bunga pinjaman misalnya saja bunganya 1% per bulan kelihatannya ringan.

Itu satu bulan, bila mengangsurnya sampai beberapa tahun akan menjadi besar. Karena hitungannya 1% dikali banyak bulan (yang menjadi lamanya mengangsur) dikali banyak uang yang dipinjam. Belum lagi kalau pinjamnya pada bank ‘titil’ atau bank ‘plecit’. Jika angsurannya dua puluh kali misalnya itu ada yang nagihnya tidak sebulan sekali tetapi setiap ‘pasaran’. Setiap Pon atau Wage atau yang lainnya sehingga dua puluh kali tetapi setiap lima hari sekali sudah ditagih padahal bunganya sama atau malah lebih besar dari kalau pinjam di bank yang lain.

Baca juga:  Belajar PPKn dengan Menonton Video Dokumenter

Di dalam berdagang kita harus memperhitungkan betul harga beli, harga jual, untung (ingin mendapat untung berapa). Dan tidak kalah pentingnya memperhitungkan modal. Juga tidak boleh lupa, dilihat ada berapa banyak pedagang yang menjual barang yang sama. Sehingga meskipun bisa memperhitungkan persentase keuntungan yang diinginkan, tetapi harus juga bersaing dengan pedagang lain. Tentunya pembeli akan melihat dulu di mana akan membeli barang yang sama tetapi harganya lebih murah. Bahkan yang dicari dengan barang sama, harganya paling murah.

Semua tadi contoh penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkannya baik sebagai penjual atau pembeli. Dikatakan sebagian dari kita karena mungkin ada yang tidak butuh pikir lama-lama, tidak usah hitung-hitung yang penting beli. Itu semua terserah masing-masing. Itu adalah gambaran aritmetika sosial dalam kehidupan sehari-hari. (bat1/lis)

Guru SMPN 7 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya