alexametrics

Membaca Siswa Lancar dengan Metode Kartu dan Gambar

Oleh: Istikomah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kelas 1 SD merupakan gerbang bagi seorang anak memasuki dunia pendidikan formal. Jika guru salah mengajar atau menyampaikan ilmu, maka akan berdampak dan berpengaruh pada pemahaman dan kemajuan siswa di masa yang akan datang. Salah satu pembelajaran awal bagi anak SD kelas 1 adalah membaca.

Membaca merupakan suatu keterampilan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna dalam bentuk pemahaman diam- diam atau pengujaran keras (Kridalaksana,1993:135). Ada banyak metode yang bisa dilakukan guru untuk membantu memperlancar anak kelas 1 SD membaca, salah satunya dengan metode K&G (Kartu & Gambar). Ini juga yang diterapkan penulis di SD Negeri 05 Semingkir.

Metode K&G diterapkan kepada siswa diharapkan mampu mengenal dan hafal semua huruf. Tujuan penulis menginovasi pembelajaran membaca ini adalah karena masih banyak menjumpai anak SD yang belum hafal huruf atau lancar membaca, terutama anak SD kelas 1.

Baca juga:  Teknik Finger Painting Peningkat Kreativitas Siswa Belajar Seni Budaya

Oleh karena itulah dirancang sebuah metode pembelajaran yang diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Pembelajaran membaca yang menarik dapat membuat siswa/siswi tertarik dan suka belajar membaca, setelah mereka tertarik dan menyukai maka cepat atau lambat mereka akan mampu membaca dengan baik.

Cara pelaksanaan metode membaca K&G mudah saja. Metode ini disesuaikan saja dengan situasi dan kondisi sekolah. Kartu di sini berupa huruf abjad yang dikemas sedemikian rupa dalam bentuk gambar dan warna yang beragam. Setelah itu, pendidik akan memberikan kartu tadi kepada siswa satu per satu , lalu siswa diminta untuk menyebutkan huruf yang ia dapat. Siswa diminta untuk menyusun kartu yang dimiliki dengan temannya menjadi satu kata, tentunya dengan bimbingan guru/pendidik.

Baca juga:  Matematika Asyik, RME Solusinya

Komunikasi perlu dibangun dengan baik antara pendidik dan peserta didik. Sebab, komunikasi menjadi penentu bagaimana peserta didik mampu menerima dan mengolah informasi yang dia peroleh (Abdul Aziz, 2017:180).Pendidik harus mempunyai kemampuan menjalin komunikasi yang baik dalam pembelajaran agar informasi bisa tersampaikan kepada peserta didik. Inovasi juga diperlukan dalam proses belajar mengajar agar peserta didik tidak mudah bosan dan suka belajar.

Setelah terjalin komunikasi yang baik antara pendidik dan peserta didik, selanjutnya pendidik akan memperkenalkan metode pembelajaran yang akan dipakai dan dilaksanakan. Metode yang diangkat penulis adalah metode K&G. Seperti yang dijelaskan di atas metode K&G ini adalah suatu metode pembelajaraan membaca yang melibatkan media kartu dan gambar yang mana metode ini dikhususkan kepada anak SD untuk membantu memperkenalkan lambang lambang / huruf kepada anak dan diharapkan bisa membantu memperlancar membaca anak .

Baca juga:  Matras Bidang Miring Tingkatan Ketangkasan Senam Lantai Roll Depan

Metode K&G bisa diterapkan kepada peserta didik oleh pendidik. Sebab, metode ini tergolong mudah karena pendidik bisa menggunakan media yang sederhana, tetapi menyenangkan bagi anak dan disesuaikan juga dengan kondisi sekolah. Kartu yang digunakan pendidik bisa dibuat sendiri dengan kreatif atau diprint. Karena sebagian besar berhasilnya penguasaan materi oleh peserta didik dipengaruhi oleh kemampuan pendidik atau guru menerapkan metode pembelajaran kreatif dalam menyampaikan informasi. Adapun sarana pendukungnya antara lain, kartu berwarna-warni yang bertuliskan huruf/kata/kalimat dan buku paket. (tt1/aro)

Guru SD Negeri 05 Semingkir

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya