alexametrics

Penggunaan Media Gambar atau Poster Efektif untuk Pahami PAI

Oleh : Fadillah S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEMAJUAN ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut, para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran, dengan menggunakan media komunikasi, bukan hanya dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, akan tetapi bisa menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Media telah dikenal sebagai alat bantu mengajar yang seharusnya dimanfaatkan oleh pengajar, namun kerap kali diabaikan. Tidak dimanfaatkannya media dalam proses pembelajaran pada umumnya disebabkan oleh berbagai alasan, misalnya waktu persiapan mengajar yang terbatas, sulit mencari media yang tepat, biaya tidak tersedia dan berbagai macam alasan lain. Media sebagai alat bantu mengajar berkembang dengan demikian pesatnya, sejalan dengan perkembangan teknologi, ragam dan jenis mediapun cukup banyak sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kondisi, waktu, keuangan, maupun materi yang akan disampaikan.

Baca juga:  Potret Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 (Suatu Tinjauan Sosiologis)

Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, guru mengakui bila hanya buku pembelajaran yang dijadikan acuan untuk membina peserta didik, tentu akan banyak menemui beberapa kendala. Dimana kegiatan belajar peserta didik kurang optimal, sebab terbatas pada pendengaran dan mencatat apa yang disampaaikan guru. Hal ini menyadarkan guru untuk menggunakan alat bantu pembelajaran sebagai mitra dalam proses pembelajaran di sekolah.

Keampuhan alat bantu pendidikan atau media inilah yang akhirnya membuat para guru berkreasi untuk membuat seperangkat alat bantu pendidikan dan pengajaran dalam berbagai bentuk. Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media poster atau gambar tidak serta merta dilaksanakan satu persatu. Tetapi secara keseluruhan dengan menggunakan metode demonstrasi. Yaitu dengan guru berdiri di depan kelas dengan membawa poster. Kemudian guru menjelaskan apa yang ada dalam gambar tersebut secara jelas. Contoh, pada mata pelajaran ibadah, seorang guru harus mempraktikkan di depan para peserta didik sesuai apa yang ada di dalam gambar. Atau guru menjelaskan dan yang mempraktikkan apa yang ada di gambar dilakukan oleh peserta didik sebagai contoh dengan gerakan dan tata caranya secara baik dan benar.

Baca juga:  Permainan Team Building, Tingkatkan Karakter dan Minat Belajar Siswa

Hal ini ditunjukkan agar nantinya peserta didik tidak keliru dalam mempraktikkan gerakan salat dalam kesehariannya.
Penggunaan media merupakan hal yang sangat penting bagi guru, terutama dalam penyampaian bahan pelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI untuk SD Negeri 1 Nolokerto. Karena dapat meningkatkan minat belajar peserta didik untuk menaruh perhatian terhadap bahan pelajaran yang disajikan oleh guru. Dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar atau poster yang menarik untuk peserta didik, akan membuat peserta didik lebih antusias dalam belajar dan memiliki semangat belajar tinggi. (kd/ida)

Guru SD Negeri 1 Nolokerto

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya