alexametrics

Strategi Pembelajaran Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh : Ridwan Budi Purwanto, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keberhasilan sebuah pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain guru, siswa, sarana dan prasarana, lingkungan pendidikan dan kurikulum. Guru menempati kedudukan yang sangat penting dan tanpa mengabaikan faktor penunjang lain. Guru sebagai subjek pendidikan sangat menentukan keberhasilan pendidikan itu sendiri. Karena proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan sekolah, pola, struktur, dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing siswa.
Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas pendidikan dimulai dari kemampuan guru. Guru harus merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai.

Menurut Suryosubroto (dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah, 2009) menyatakan, “Pembelajaran merupakan serangkaian peristiwa yang direncanakan untuk disampaikan, untuk menggiatkan dan mendorong belajar siswa yang merupakan proses merangkai situasi belajar agar belajar menjadi lebih mudah dipahami.”

Baca juga:  Adaptasi Pembelajaran Descriptive Text Berbasis Classroom

Strategi pembelajaran merupakan cara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran, sehingga memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran. Jenis-jenis strategi pembelajaran menurut Rowntree dalam Wina Sanjaya (Strategi Pembelajaran Beroreintasi Standar Proses Pendidikan, 2009) mengelompokkan strategi pembelajaran menjadi empat. Yaitu strategi penyampaian penemuan atau exposition discovery learning, strategi pembelajaran kelompok dan strategi pembelajaran individual atau groups individual learning. Strategi pembelajaran deduktif, strategi pembelajaran induktif.

Macam-macam metode yang sering digunakan pada pembelajaran adalah metode ceramah, diskusi, demonstrasi, ceramah plus, eksperimental, study tour (karyawisata), latihan keterampilan, metode pengajaran beregu, peer teaching method. Kemudian metode pemecahan masalah (problem solving method), project method, taileren method, metode global (ganze method).

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Menurut Dimyati dan Mudjiono ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak didik. Yakni cita-cita dan aspirasi anak didik, cita-cita akan memperkuat motivasi anak didik untuk belajar.

Baca juga:  Dengan Moodle Motivasi Belajar Siswa Meningkat

Dalam kegiatan belajar, motivasi pada setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda. Berikut ciri-ciri motivasi belajar menurut Slameto : tekun menghadapi tugas, ingin mendalami bahan atau bidang pengetahuan yang diberikan, selalu berusaha untuk berprestasi sebaik mungkin. Dapat mempertahankan pendapatnya, senang dan rajin penuh semangat, senang mencari dan memecahkan masalah.

SMPN 1 Pringsurat menerapkan proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang baik bahkan contoh-contoh di luar kelas tentang kedisiplinan juga sudah ditanamkan. Dan diberi contoh misalnya selalu datang ke sekolah sebelum jam 07.00. Melakukan piket jabat tangan untuk menyapa siswa setiap pagi dengan tujuan agar hubungan antara guru dan siswa semakin akrab, selalu berada di dalam kelas tepat pada waktunya,
Cara mengajar juga menggunakan metode pembelajaran, serta menyampaikan materi dengan cukup jelas dan mudah dimengerti. Guru bersikap tegas dan disiplin ketika sedang mengajar apabila ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, siswa tersebut diberi hukuman. Yaitu menghapal dan menulis ayat-ayat Alquran yang sudah ditentukan oleh guru PAI tersebut.

Baca juga:  Karhusuka, Tumbuhkan Motivasi Belajar Membaca Permulaan

Guru PAI selalu memberikan bimbingan keagamaan kepada siswa di dalam kelas maupun di luar kelas. Setelah proses belajar mengajar selesai semua siswa membaca Alquran selama 15 menit yang dipandu guru PAI di SMP Negeri 1 Pringsurat.

Dengan penerapan ini, diharapkan ke depan peserta didik bisa termotivasi untuk lebih maju lagi. Sehingga bisa menjadi generasi emas seperti cita-cita negara tercinta ini. (mn2/lis)

Guru Pendidikan Agama Islam SMPN 1 Pringsurat, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya