alexametrics

Pemanfaatan Barang Bekas dalam mengembangkan Fasilitas lembaga Pendidikan

Oleh : Umi Susilowati, S.Pd.AUD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Lembaga pendidikan taman kanak-kanak akan terasa nyaman jika memiliki lingkungan yang menyenangkan dan fasilitas yang memadai. Di antaranya halaman yang indah, kelas yang memiliki dekoratif yang menarik dan sarana prasarana yang memadai termasuk di antaranya adalah alat peraga edukatif agar peserta didik nyaman dan terstimulasi segala aspek perkembangannya. Tentunya tidak sedikit anggaran yang harus dikeluarkan jika dengan membeli semua sarana yang diperlukan.

Lingkungan yang bersih dan menyenangkan akan membuat warga sekolah menjadi sehat dan betah di sekolah. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang bahan bekas menjadi benda bermanfaat. Selain memberikan unsur estetika dan kebersihan, mendaur ulang barang bekas juga dapat mengedukasi anak didik agar berfikir kreatif yaitu dapat memanfaatkan barang bekas menjadi benda-benda yang bermanfaat. Mendaur ulang barang bekas juga lebih efisien karena bisa menghemat biaya.

Baca juga:  Asyik Belajar Regular dan Irregular Verbs dengan Verb Flash Card

Di TK Negeri Pembina Belik, masih membutuhkan pengembangan sarana dan prasarana. Taman bermain pun masih masih perlu untuk lebih dimaksimalkan. Alat peraga edukatif juga masih terbatas, dan perlunya pengadaan alat peraga edukatif yang menunjang pembelajaran bagi anak sesuai tema dan kompetensi dasar (KD) yang sedang dikembangkan. Tentunya pengadaan sarana dan prasarana tersebut tidak terlepas dari anggaran.

Sebagai kepala sekolah di TK Negeri Pembina Belik Kabupaten Pemalang, dalam melaksanakan kompetensi manajerial, kepala sekolah melakukan penyusunan perencanaan sekolah untuk meningkatkan pengembangan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan, kepemimpinan sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal, mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif, menciptakan budaya dan iklim sekolah pembelajaran yang efektif, menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.

Baca juga:  Membangun Generasi Muda Sadar Lingkungan

Pemanfaatan barang bekas dilakukan di TK Negeri Pembina Belik Kabupaten Pemalang dengan melibatkan anak didik, guru, penjaga sekolah dan wali murid. Dengan mengajak semua warga sekolah untuk menghimpun botol plastik bekas, gelas plastik minuman, kardus, kaleng, ban bekas kendaraan. Kepala sekolah melalui rapat bersama guru memutuskan untuk melibatkan anak didik dan orang tua murid dengan mengajak untuk mengumpulkan barang bekas. Barang bekas yang dihimpun harus sudah bersih dan dikeringkan. Dengan dipandu oleh kepala sekolah dan guru kelas, kemudian barang bekas tersebut didaur ulang menjadi bermacam-macam kerajinan untuk menghias halaman sekolah seperti : pot gantung, pot tempel, hiasan dinding yang indah dan alat peraga edukatif sesuai kebutuhan tema.

Pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumberdaya. Dari sudut pandang kesehatan lingkungan, pengelolaan sampah dipandang baik jika sampah tersebut tidak menjadi media berkembang biaknya bibit penyakit serta sampah tersebut tidak menjadi medium perantara menyebarluasnya suatu penyakit. Syarat lainnya yang harus dipenuhi, yaitu tidak mencemari udara, air dan tanah, tidak menimbulkan bau (tidak mengganggu nilai estetis), tidak menimbulkan kebakaran dan yang lainnya (Azwar, 1986).

Baca juga:  Pembelajaran Siklus Hidup dengan Power Point Lebih Efektif

Dengan mengelola sampah atau barang bekas menjadi benda-benda yang bermanfaat bagi pendidikan di sekolah, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Diantaranya adalah memberikan nilai estetika pada lingkungan lembaga sekolah. Mendaur ulang juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan, seperti membuat alat peraga edukatif sesuai dengan tema tertentu dan meningkatkan kreatifitas anak didik dalam menciptakan berbagai karya dari barang bekas. (bat1/ton)

Kepala TK Negeri Pembina Belik Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya