alexametrics

Mind Mapping dalam Pembelajaran PPKn Meningkatkan Kreativitas Siswa

Oleh : Mochamad Ardiek, S,Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Banyak pihak yang mengangga bahwa PPKn merupakan mata pelajaran wajib yang menekankan pada konsep-konsep menghafal saja. Sehingga internalisasi nilai yang menjadi ciri mata pelajaran PPKn tidak sepenuhnya tertanam dalam diri siswa. Di dalam proses belajar mengajar kebayakan guru mendominasi pelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran. Akibatnya kreativitas dan aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Kreativitas dan aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut bisa mengakibatkan hasil belajar tidak maksimal.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas belajar siswa di SMAN 1 Wonotunggal perlu menggunakan teknik yang tepat dalam pembelajaran PPKn agar efektif dan menyenangkan. Teknik yang tepat untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa tersebut adalah mind maping (peta konsep). Menurut Sugiyanto (2013: 72), mind maping menggunakan pengingat visual sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan untuk belajar, mengorganisasikan, dan merencanakan. Peta ini dapat membangkitkan ide-ide orisinil dan memiliki ingatan dengan mudah dan jauh lebih mudah daripada pencatatan tradisional.

Baca juga:  Vocabulary Menjadi Indah dengan Mind Mapping

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa mind mapping merupakan suatu metode pembelajaran yang meminta siswa untuk mengaitkan konsep-konsep yang saling berhubungan dalam bentuk gambar atau diagram dan memiliki hubungan yang mengaitkan antara konsep-konsep tersebut. Langkah-langkah membuat mind mapping (peta konsep) yaitu siswa menentukan terlebih dahulu pokok-pokok yang melingkupi suatu konsep. Memastikan ide yang dapat mendukung ide utama. Menempatkan ide utama pada bagian di puncak atau di tengah selanjutnya melakukan pengurutan konsep dari yang utama sampai yang tidak utama.

Mengelompokkan ide sekunder pada sekeliling ide utama kemudian buatlah visual yang menunjukkan hubungan ide tersebut dengan ide utama. Lalu konsep tersebut disusun dalam bagan selanjutnya konse yang paling utama diletakkan diatas maupun di pusat bagan.

Baca juga:  Bermain Kartu Kata Bergambar Bantu Siswa Lancar Membaca

Kelebihan menggunakan mind mapping (peta konsep) bagi siswa adalah pemetaan konsep merupakan cara belajar yang mengembangkan proses belajar yang bermakna yang akan meningkatkan pemahaman siswa dan daya ingat belajarnya. Dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas berfikir siswa yang dapat dimainkan akan membangkitkan sikap mandiri belajar yang lebih dari siswa. Struktur kognitif yang terintegrasi dengan baik yang akan memudahkan belajar, dan dapat membantu siswa melihat materi pelajaran secara lebih komprehensif dalam setiap konsep komponen. Dengan kelebihan menggunakan mind mapping tersebut maka pembelajaran PPKn lebih membuat siswa akan meningkat dalam kreativitas dan aktifitasnya dalam proses belajar mengajar.

Dengan mind mapping siswa dalam mempelajari materi PPKn menjadi antusias dan dapat meningkatkan kreativitas serta aktivitas. Hal itu berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Menurut Susanto (2012: 5), hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada di diri siswa. Baik yang menyangkut asek kognitif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Dan juga dengan menggunakan mind mapping semangat anak memelajari materi PPKn lebih meningkat dan dilakukan denngan menyenangkan. (wa1/lis)

Baca juga:  Problem Solving Meningkatkan Daya Kritis Siswa pada Materi Ketenagakerjaan

Guru PPKn SMAN 1 Wonotunggal, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya