alexametrics

Memanfaatkan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Materi Kerja Sama di Lingkungan Kehidupan

Oleh : Sus Setianingsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kerja sama menjadi akar budaya masyarakat Indonesia. Secara turun temurun, kerja sama dalam berbagai lingkungan kehidupan telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebagai mahkluk sosial yang pada dasarnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya selalu membutuhkan bantuan dari orang lain.

Materi mewujudkan kerja sama dalam berbagai lingkungan kehidupan terdapat pada KD. 3.5. Menganalisis bentuk bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat. Dan KD. 4.5. Menunjukan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat. Materi tersebut diajarkan kepada siswa kelas VII pada semester II di SMP Negeri 5 Pemalang.

Salah satu nilai luhur bangsa Indonesia gotong royong. Di dalamnya terdapat unsur kerja sama yang dapat dilaksanakan dalam berbagai lingkungan kehidupan. Yaitu kehidupan sekolah, masyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara.
Pada materi tersebut siswa berkelompok berdiskusi membahas kegiatan yang sepatutnya dan yang perlu dalam menjalin kerja sama dalam kehidupan sekolah.

Baca juga:  Memahami Macam-Macam Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan dengan Metode Gallery Walk

Perpustakaan adalah tempat sekaligus sumber belajar yang baik untuk siswa. Sehingga siswa dapat belajar PPKn materi Belajar Kerja Sama di Lingkungan Kehidupan di perpustakaan. Siswa dapat memilih buku yang berkaitan dengan materi tersebut. Pembelajaran dibuat pada kelompok kecil, sehingga mereka saling mengeluarkan pendapat dan berargumentasi dalam tiap-tiap kelompok.

Menurut Mudjito (2003:3) perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya. Dan mempunyai fungsi sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.

Perpustakaan adalah tempat yang ideal untuk menggali informasi dan membuka jendela dunia. Maka siswa diarahkan untuk menuju perpustakaan dalam pembelajaran. Mereka mulai mencari buku sesuai materi dari perpustakaan yang dipilih. Kemudian masing-masing anggota bekerja sama mengemukakan pendapatnya dan hasilnya ditulis oleh tiap-tiap kelompok.

Baca juga:  Keselamatan Berlalu Lintas lewat Pendidikan Anak

Siswa dapat menumbuhkan semangat kerja sama di lingkungan sekolah dengan cara misalnya siswa melaksanakan misi dan visi sekolah dengan tanggung jawab. Berpartisipasi secara aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah serta melaksanakan aturan sekolah. Tidak memandang rendah siswa lain tetapi mengutamakan kerja sama. Tidak membuat masalah atau menciptakan konflik. Saling menjaga rasa percaya dan aman antar siswa. Saling menghargai maka kehidupan di sekolah akan semakin baik apabila seluruh siswa dapat saling menghargai. Memuji dan memberikan penghargaan kepada teman akan meningkatkan rasa pertemanan di sekolah.

Kerja sama dalam kehidupan masyarakat dapat berupa siswa ikut serta dalam kegiatan masyarakat seperti kegiatan kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional, keagamaan dan sanitasi. Program bakti sosial untuk masyarakat yang kurang mampu ataupun yang terkena musibah. Kegiatan bazar sekolah memamerkan karya siswa, pementasan seni, karya seni dan karya ketrampilan pada hari besar nasional atau pun HUT RI dengan melibatkan tokoh masyarakarat dan masyarakat sekitar.

Baca juga:  Anis Nurul Ngadzimah, Ingin Punya Perpustakaan Mini

Guru memberikan waktu yang sudah ditentukan selama pelaksanaan pembelajaran tersebut. Guru mengamati kerja antarkelompok juga membuka kesempatan bertanya apabila ada hal yang kurang dipahami oleh siswa. Siswa diarahkan untuk proaktif saling mendukung untuk setiap kelompok masing-masing. Terakhir tiap kelompok menyerahkan lembar hasil diskusi yang telah tersusun rapi kepada guru.
Harapan guru, nantinya setiap siswa dapat menjalin kerja sama yang baik dalam kehidupan sekolah, kehidupan masyarakat dan kehidupan berbangsa serta bernegara tercermin di kehidupan mereka sehari-hari. (ump1/lis)

Guru PPKn SMP N 5 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya