alexametrics

Peningkatan Pembelajaran Akuntansi dengan Metode Visiku

Oleh : Esti Hastini, S.PD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang terjadi di semua belahan dunia mengakibatkan perubahan paradigma belajar di lingkungan sekolah. Sebelum pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara tatap muka di kelas. Tetapi setelah pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau daring. Hal ini tentu saja membutuhkan inovasi-inovasi dari guru untuk bisa menyajikan media pembelajaran yang efektif dan tepat sasaran. Banyak media yang digunakan dalam pembelajaran daring seperti Google Meet, WhatsApp, Google Classroom, Zoom Meet dan LMS Schoology.

Pembelajaran akuntansi merupakan materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa kelas 12 sekolah menengah atas. Pelajaran akuntansi memuat materi-materi praktek pembukuan perusahaan jasa dan perusahaan dagang.

Akuntansi menurut Sumarsan (2017:1) adalah suatu seni untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, mencatat transaksi, serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Sehingga dapat menghasilkan informasi keuangan atau suatu laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Baca juga:  Penerapan Aplikasi pada Pembelajaran Daring

Pada masa pembelajaran daring pelajaran akuntansi menemukan kendala tersendiri karena guru harus bisa menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan mudah dipahami oleh siswa. Dalam pembelajaran daring penulis mengalami kesulitan untuk memberikan contoh langsung praktik pembukuan kepada siswa karena interaksi guru dan siswa dibatasi oleh waktu dan tempat.

Penulis memberikan materi akuntansi kepada siswa dalam bentuk power point dan modul yang diakses siswa secara daring. Siswa mengalami kebingungan dalam mempelajari materi akuntansi dalam bentuk power point dan modul. Hal ini disebabkan siswa tidak memahami langkah-langkah dalam menyusun praktik pembukuan.

Siswa kesulitan untuk mengajukan pertanyaan karena tidak memahami materi yang disampaikan. Hasil penilaian tugas dari siswa banyak yang belum tepat pengerjaannya. Ini merupakan salahsatu indikator lemahnya daya serap siswa dalam belajar akuntansi. Untuk mengatasi kendala tersebut penulis mencoba menggunakan media VISIKU (video transaksi pembukuan).

Baca juga:  Mading Mengasah Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Perdagangan Internasional

Video transaksi pembukuan yang digunakan berisi penjelasan tahap-tahap yang harus dilakukan dalam menyusun pembukuan. Melalui video transaksi pembukuan ini diharapkan siswa bisa memperhatikan penjelasan guru seperti halnya memperhatikan guru di depan kelas. Video transaksi pembukuan yang digunakan memuat contoh-contoh praktik pembukuan dalam perusahaan jasa dan perusahaan dagang.

Transaksi menurut Mursyidi (2010:27) merupakan “kegiatan atau aktivitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, seperti menjual, membeli, membayar gaji serta membayar biaya”. Maka yang dimaksud dengan video transaksi pembukuan adalah video yang menjelaskan pembukuan aktivitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan.

Setelah siswa mempelajari akuntansi melalui video transaksi pembukuan, mereka mengatakan lebih mudah memahami materi akuntansi. Setiap pembelajaran akuntansi siswa sering mengajukan permintaan untuk ditayangkan video transaksi pembukuan daripada belajar modul atau power point.

Baca juga:  Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Layanan Konsultasi saat Pandemi

Pada saat mengerjakan tugas akuntansi sebagai umpan balik ternyata hasil nilai siswa lebih bagus. Hal ini menjadi indikator kalau penggunaan video transaksi pembukuan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Kesimpulan yang bisa dipetik adalah siswa lebih mudah memahami materi akuntansi dengan belajar menggunakan VISIKU (video transaksi pembukuan). Hal ini bisa mengatasi kendala dalam pembelajaran akuntansi secara online. Pada akhirnya akan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam belajar akuntansi. (*/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya