alexametrics

E-Modul Berbasis Project Based Learning Dukung Kemandirian Siswa Belajar Basis Data

Oleh: Joko Susilo, S. Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran basis data merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang ada di SMK Negeri 4 Kendal. Di mana kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 lebih menekankan pada keaktifan belajar dan menuntut siswa lebih mandiri dan aktif mengikuti setiap proses belajar. Suatu pembelajaran akan berjalan secara efektif jika dalam pembelajaran itu sendiri siswa merasa senang, nyaman, dan menikmati pembelajaran tersebut.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru hanya menggunakan media yang sudah ada seperti buku dan modul, sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi membosankan. Hal inilah yang juga terjadi di SMK Negeri 4 Kendal. Oleh karena itu, seorang guru juga diharapkan mampu dan segera adaptif dengan berkembangnya IPTEK, ditambah pemanfaatan strategi, model, metode, dan tujuan pembelajaran yang sesuai.

Baca juga:  Membuat Jurnal Umum Akuntansi melalui Aplikasi

Penulis sebagai guru mata pelajaran basis data di SMK Negeri 4 Kendal dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan industri 4.0 mencoba menerapkan sebuah media ajar berupa modul yang dikemas dalam format digital, atau dikenal dengan istilah Elektronik modul (E-modul) sebagai alternatif untuk mengatasi permsalahan. E-Modul ini dipadukan dengan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Kompetensi Dasar 3.3 Menerapkan pembuatan basis data pada RDBMS dan 4.3 Membuat basis data pada RDBMS siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 4 Kendal.

E-Modul merupakan pengembangan dari modul cetak yang dapat dibaca pada sebuah personal komputer dan dirancang dengan menggunakan software (Rifmasari, 2010). Modul elektronik dapat menampilkan teks, gambar, animasi dan video melalui piranti komputer serta dapat mengurangi penggunaan kertas dalam proses belajar mengajar. Sedangkan, pembelajaran berbasis projek atau yang biasa dikenal Project Based Learning (PJBL) menurut Afriana (2015) adalah pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Baca juga:  Penggunaan Videoscribe Tingkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik selama Pandemi

Langkah-langkah pembelajaran yang penulis lakukan adalah memberikan materi pengantar basis data pada RDBMS, meminta siswa duduk secara berkelompok dan guru memberikan E-Modul berbasis Project Based Learning berisikan materi/bahan ajar yang akan diakses dimulai dari proses login dan kemudian didiskusikan setiap siswa dalam kelompok. Pada kegiatan inti, siswa diminta membuat desain/rancangan beserta pembuatan projek basis data pada RDBMS. Siswa mempresentasikan hasil ide/pendapat juga produk yang dihasilkan oleh masing-masing kelompok dengan bergantian. Siswa pada kelompok lain memperhatikan dan memberikan pertanyaan ataupun tanggapan sebagai bahan diskusi. Pada tahap akhir pembelajaran, penulis mereview materi pembelajaran yang telah dilakukan.

E-Modul berbasis Project Based Learning ini memudahkan siswa belajar secara sistematis tanpa didampingi seorang guru, dimana modul cetak dirubah menjadi modul elektronik yang dapat mempermudah siswa dalam mengakses materi pelajaran yang tidak terbatas terjadi di dalam kelas. Hal ini sesuai yang dikemukakan Rosenberg (2001), bahwa E-Learning dalam hal ini pemanfaatan E-Modul sebagai teknologi internet yang merupakan bagian dari pembelajaran jarak jauh untuk mendistribusikan materi pembelajaran, sehingga siswa dapat mengakses dari mana saja. Bahan ajar dalam bentuk elektronik ini menjadikan siswa lebih termotivasi dalam belajar, terbentuk kemandirian dan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efeksif dan efisien, sehingga hasil belajar siswa kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 4 Kendal meningkat. (kj1/zal)

Baca juga:  Meningkatkan Minat Baca Siswa dengan Classroom Reading Program

Guru SMKN 4 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya