alexametrics

Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Mudah dengan Media Kobil

Oleh: Sri Lestari, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah ilmu yang berbeda dengan ilmu yang lainnya, maka dari itu dalam pembelajaran matematika tidak dapat dilakukan sama dengan mata pelajaran lainnya. Dalam Pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 10 Andong, Boyolali, proses pembelajaran nya pun setiap siswa memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, ada siswa yang dapat menerima materi dengan baik hanya dengan mendengarka materi yang disampaikan guru di depan kelas, namun ada juga siswa yang harus dijelaskan materi dengan alat bantu atau media yang dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan.

Salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu matematika adalah operasi dasar pada bilangan bulat. Materi ini merupakan konsep dasar dari ilmu matematika yang nantinya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu siswa harus dapat memahami konsep dasar operasi hitung bilangan bulat. Karena apabila siswa belum dapat memahami konsep dari operasi hitung bilangan bulat ini siswa akan mengalami banyak kesulitan kedepannya dalam mempelajari ilmu matematika.

Baca juga:  Menghafal Rumus dengan Kartu Identitas Trigonometri (KIT)

Kesulitan yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan masalah atau soal matematika dalam operasi bilangan bulat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu: 1) kesalahan konsep, 2) kesalahan prinsip, dan 3) kesalahan prosedur dalam menyelesaikan soal (Utami, 2016). Hal ini dapat digunakan sebagai evaluasi bagi guru yang secara tidak langsung menuntut guru sebagai pendidik untuk mencari atau menciptakan suatu cara dan metode pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep dasar pada materi bilangan bulat.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa dalam menerima konsep operasi bilangan salah satu nya dengan penggunaan media pembelajaran. Banyak pilihan media yang dapat dijadikan alat bantu dalam pembelajaran, dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Karena dengan menggunakan media pembelajaran penyampaian materi dapat dikemas dengan menarik, lebih interaktif anatara siswa dan guru, dan efisien baik watu dan tenaga (Junaidi, 2019).

Baca juga:  Permudah Belajar Pola Busana dengan Media Video

Maka dari itu dalam penyampaian materi konsep operasi hitung pada bilangan bulat ini juga dapat dilakukan dengan media pembelajaran, salah satunya yaitu media koin bilangan yang sudah tidak asing dalam proses pembelajaran bilangan bulat.

Media koin bilangan (kobil) merupakan alat yang menunjukan sebuah kuantitas di mana bilangan bulat tersebut mewakili sejumlah objek (Steiner, 2009). Pemanfaatan kobil ini untuk memberikan gambaran secara visual kepada siswa mengenai konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Disajikan dua macam koin dengan warna yang berbeda untuk menggambarkan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negative.

Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran ini dilakukan untuk memanfaatkan media kobil untuk mendukung siswa dalam memahami konsep dasar operasi penjumlahan pada bilangan bulat.

Baca juga:  Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas

Pemanfaatan media kobil mempermudah siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan bilangan bulat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajran dengan memanfaatkan media kobil untuk mendukung pemahaman siswa terhadap konsep operasi penjumlahan bilangan bulat ini berhasil. (bat1/aro)

Guru Matematika SMP Muhammadiyah 10 Andong, Kabupaten Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya