alexametrics

Website sebagai Pusat Informasi di SMPN 2 Secang

Oleh : Pujiatun S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERUBAHAN adalah kata yang mungkin mudah diucapkan, namun sulit untuk diaplikasikan. Perkembangan teknologi bagi kaum muda yang terkenal sebagai generasi milenial adalah hal yang mudah diikuti dari kalangan peserta didik sekolah dasar sampai orang dewasa. Perubahan ini berlangsung sangat cepat sehingga para peserta didik dituntut dapat segera menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tua peserta didik, sekolah belum mempunyai alat komunikasi yang memadai. Hal ini dilakukan hanya melalui surat dan pemanggilan orang tua untuk hadir ke sekolah. Dengan cara ini, ternyata banyak sekali hambatannya seperti siswa lupa menyampaikan surat tersebut ke orang tua atau kadang informasi-informasi yang disampaikan secara lisan oleh sekolah juga tidak tersampaikan secara lengkap.

Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut, sekolah menyiapkan website untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik, orang tua, dan masyarakat dengan memasang website. Dengan website, diharapkan sekolah mampu menyampaikan informasi secara luas kepada orang tua dan masyarakat secara lengkap dan cepat.

Baca juga:  Peran Serta Kolaborasi Guru BK Menghadapi Siswa Generasi Z

Di tengah pandemi Covid-19 melanda, sekolah dituntut bisa melayani peserta didik, orangtua, dan masyarakat, agar dapat berkomunikasi tanpa harus melalui tatap muka. Untuk mengetahui permasalahan tersebut sekolah berusaha untuk membuat website sekolah dengan nama https://smpn2secang.sch.id. Alamat website ini dikembangkan dengan menggunakan Ms. Teams untuk pembelajaran tatap muka secara daring. Dari website tersebut diharapkan semua kegiatan di sekolah dapat dipantau oleh masyarakat luas tanpa harus datang ke sekolah.

Di dalam website ini, terdapat menu Home, Profil, Agenda, Berita, Galeri, Prestasi, untuk memberikan informasi dan gambaran tentang sekolah yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Sedangkan peserta didik diberikan akun dan password untuk dapat mengakses aplikasi smart school.

Smartschool adalah aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring mampun tatap muka karena dalam aplikasi tersebut terdiri atas berbagai menu.

Baca juga:  Implementasi Blanded Learning pada Pembelajaran 4.0, Tingkatkan Literasi Digital

Dari aplikasi tersebut, siswa mampu mengubah profil atau data peserta didik sendiri, melihat jadwal pelajaran, rencana pembelajaran selama setengah semester atau satu tahun, mengetahui silabus dan materi yang dipelajari, melihat pekerjaan rumah dan mengupload tugas yang diberikan oleh bapak atau ibu guru, ujian online jika bapak dan ibu guru mengadakan ulangan harian, mengajukan izin jika dalam keadaan sakit atau ada kepentingan keluarga, mengunduh materi, melihat kehadiran, melihat hasil ulangan dan melihat pengumuman terbaru.

Bagi orang tua yang ingin mengetahui perkembangan belajar putra-putrinya, juga diberikan akun dan password untuk dapat mengakses smartschool. Orang tua dapat memantau kehadiran peserta didik dengan membuka menu kehadiran, nilai dapat diketahui dengan membuka menu ujian dan orang tua dapat mengetahui pengumuman apapun dari sekolah.

Melalui aplikasi ini, tenaga pengajar dapat mengetahui data semua peserta didik, merencanakan pembelajaran, silabus, ketercapaian materi, mengabsen kehadiran siswa secara langsung pada saat daring maupun luring, menyediakan bank soal dan membuat ujian online, memberikan pekerjaan rumah dan mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik, termasuk menampilkan nilai ulangan harian, PTS dan PAS yang diselenggarakan secara online.

Baca juga:  Home Visit Guru saat Pembelajaran Jarak Jauh

Bagi staf kantor tata usaha disediakan menu kantor staf yang berfungsi untuk mendata tamu yang berkunjung ke sekolah, surat masuk dan surat keluar. Yang terbaru dari website SMPN 2 Secang adalah E-Presensi dengan menggunakan elektronik ID-Card untuk semua tenaga pengajar, staf, dan peserta didik. Di sini waktu kehadiran terekam secara otomatis yang bisa di-print untuk dapat mengetahui rekap kehadiran dalam jangka waktu persemester atau pertahun.

Saat ini website tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi pembelajaran daring, tetapi sudah menjadi kebutuhan yang harus ada sebagai pusat informasi bagi masyarakat, orang tua, dan peserta didik, untuk mengetahui berbagai hal tentang sekolah. (tt2/ida)

Guru SMP Negeri 2 Secang, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya