alexametrics

Pemanfaatan Media Pembelajaran V-Scrap untuk Perangkat Keras Komputer

Oleh : Dwi Maulana Saputra S.Pd.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN informatika merupakan modifikasi dari mata pelajaran yang dahulunya adalah pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Banyak materi yang berubah, tapi ada beberapa materi yang tetap dipelajari salah satunya bab Teknik Komputer, bab ini mempelajari yang Perangkat Keras Komputer.

Komptensi Dasar untuk Bab Teknik Komputer yaitu 3.1 Mengenal Pemfungsian Perangkat Keras dan Sistem Operasi serta Aplikasinya, peserta didik diajak untuk mengidentifikasi komponen komputer. Era sekarang ini, masyarakat mayoritas gadgetnya adalah telepon atau dikenal dengan smartphone, sehingga peserta didik sangat jarang menyentuh PC atau komputer walaupun lebih familiar dengan laptop.

Fenomena tersebut guru harus merancang suatu media pembelajaran sehingga siswa lebih familiar dengan PC atau komputer (menurut Hanifa Lestari 2015) tujuan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah yaitu agar peserta didik mampu mengenal, mengetahui dan mempunyai wawasan yang luas tentang seluk beluk perangkat komputer. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memahami dan mengidentifikasi perangkat keras komputer dengan baik. Berdasarkan fakta yang ada, banyak siswa yang belajar perangkat keras hanya menghafal saja, masih kurang dalam mengindentifikasi perangkat keras komputer dengan baik.

Baca juga:  Penerapan Budaya Positif Siswa Melalui Keyakinan Kelas

Penggunaan media V-Scrap merupakan kombinasi dua media pembelajaran yaitu video dan scrapbook. Sebelumnya guru melakukan pretest kepada siswa kelas VII MTsN Salatiga terlebih dahulu untuk menerapkan media tersebut. Hasilnya, masih banyak siswa yang masih kesulitan mengidentifikasi perangkat secara langsung. Media V-Scrap merupakan media yang mengedepankan kecapakapan keterampilan untuk meningkatkan ranah kognitif siswa dalam mengidenfikasi khususnya materi perangkat keras komputer.

Pasca guru melaksanakan pretest, siswa disajikan media berupa video melalui Youtube di komputer masing-masing yang ada di laboratorium komputer, kemudian siswa diajak mengidentifikasi secara umum seperti mengetahui perbedaan pada sistem kerja perangkat keras seperti input, proses output, serta perangkat storage, peripheral dan komponen-komponen lain yang termasuk perangkat keras komputer. Hasil identifikasi tersebut ditulis pada buku catatan masing-masing siswa.

Baca juga:  Menjadi Guru Inspiratif untuk Meningkatkan Belajar Matematika

Langkah selanjutnya siswa berkreasi membuat scrapbook. Menurut (Astuti, 2013) Scrapbook atau buku tempel dapat dipahami sebagai sekumpulan memorabilia, narasi, puisi, quote, cerita, kliping, catatan, foto, tiket, bon pembayaran, dll, yang disusun dan dirangkai dalam sebuah album atau hand-made book. Catatan identifikasi yang telah dibuat siswa menjadi acuan untuk berkreasi membuat scrapbook, siswa dibebaskan menyusun buku pegangan dari hand-made.

Kelebihan scrapbook ini di antaranya yaitu 1) berbentuk buku yang memiliki tampilan yang menarik sesuai dengan kreativitas para siswa, 2) lebih fokus pada materi yang diajarkan sehingga siswa lebih mudah memahami karena materi dibuat siswa sendiri, dan 3) meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Menurut (Rahmatia, Manowati, & Darnius, 2017) salah satu fungsi dari media pembelajaran memotivasi belajar kepada peserta didik. (tt2/ida)

Baca juga:  Serunya Belajar Circular Flow Diagram dengan Picture And Picture

Guru TIK/Informatika MTsN Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya