alexametrics

Film sebagai Media Imajinasi dalam Belajar

Oleh : Dina Oktaviana, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ada banyak cara dan media yang digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu media yang mudah dan menyenangkan untuk kita pakai belajar bahasa Inggris adalah film. Film menurut Wibowo (2014) adalah suatu alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak umum melalui media cerita dan juga dapat diartikan sebagai media ekspresi artistik bagi para seniman dan insan perfilman untuk mengungkapkan gagasan dan ide cerita yang dimilikinya.

Nonton film merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Khususnya dalam aspek kemampuan listening dan speaking. Film-film barat yang notabene menggunakan bahasa Inggris, sebenarnya tidak dibuat sebagai sarana belajar bahasa Inggris, namun memang film tersebut dibuat untuk dikonsumsi masyarakat pengguna bahasa Inggris.

Kita sebagai masyarakat yang dalam kehidupan sehari-hari tidak menggunakan bahasa Inggris, film-film barat tersebut bisa kita manfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

Baca juga:  Belajar Arsip di Era Digitalisasi dengan Aplikasi Erise

Media menurut Gagne adalah salah satu jenis komponen yang ada di dalam lingkungan para siswa serta bisa meningkatkan minat untuk belajar. Menonton film-film berbahasa Inggris merupakan aktivitas latihan tambahan di luar pengajaran bahasa Inggris yang dilakukan di lembaga kursus, sekolah, atau di kampus.

Jadi sifatnya hanya sebagai pelengkap materi yang mungkin saja tidak didapatkan ketika belajar di kelas atau sebagai sarana pendukung dalam memahami secara lebih mendalam materi-materi yang diajarkan oleh guru/tutor/dosen. Tapi jangan salah, belajar bahasa Inggris melalui film terbukti dapat meningkatkan kemampuan kita dalam penguasaan bahasa Inggris. Serta dapat meningkatkan imajinasi kita dalam hal menulis sebuah teks baik dari segi kosakata maupun yang lainnya.

Imajinasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya adalah daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang; khayalan.

Baca juga:  Tuntut Guru Bahasa Inggris Kreatif dalam Pembelajaran Daring

Cara memanfaatkan film berbahasa Inggris sebagai media untuk meningkatkan imajinasi dalam belajar bahasa Inggris di antaranya dapat dilakukan dengan cara memilih jenis film yang sesuai dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris.

Belajar menurut Wikipedia adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons.

Belajar kosakata atau tata bahasa yang digunakan dalam film dapat disesuaikan dengan level pemahaman Anda terhadap bahasa Inggris. Jika level bahasa Inggris masih rendah, maka pilihlah film berbahasa Inggris yang pernah dilihat sebelumnya atau pilihlah film berbahasa Inggris untuk anak-anak. Secara otomatis, film jenis ini menggunakan bahasa Inggris yang lebih sederhana. Namun jika merasa telah cukup menguasai bahasa Inggris dengan matang, bisa melakukan tantangan untuk diri sendiri dengan memilih film yang menggunakan bahasa Inggris lebih rumit.
Selain melatih imajinasi hal itu juga merupakan bagian dari belajar. Alhasil, menonton film berbahasa Inggris dengan bahasa Inggris asli lebih menyenangkan daripada menonton film berbahasa Inggris dengan pengisi suara.

Baca juga:  Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Vocabulary Graphic Organizer

“Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world,” tutur Albert Einstein. Imajinasi sangat penting bagi hidup kita. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Albert Einstein. Imajinasi sangat penting untuk kehidupan kita. Menonton film dapat meningkatkan daya imajinasi dan dengan imajinasi kita dapat berpikir lebih kreatif sehingga dapat di jadikan inspirasi dalam berkarya. (gr1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Grabag, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya