alexametrics

Menyusun Proposal Ilmiah Baik dengan Teknik Pemodelan

Oleh: Istiqomah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM penyusunan kegiatan dibutuhkan sebuah proposal. Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang disusun secara sistematis untuk dijalankan. Proposal dapat diartikan juga proposal sebagai teks yang berupa permintaan kepada seseorang atau suatu lembaga untuk melakukan suatu kegiatan (penelitian).

Terdapat berbagai jenis proposal. Jenis-jenis proposal tersebut didasarkan pada bentuknya, dan pada tujuannya. Berdasarkan bentuknya terdapat tiga macam proposal yaitu proposal formal, proposal semiformal, dan formal nonformal. Sedangkan berdasarkan tujuannya, proposal dibagi menjadi tiga jenis proposal yaitu proposal penelitian, proposal proyek, dan proposal bisnis. Dalam pada itu, proposal yang dimaksud adalah proposal penelitian atau proposal karya ilmiah, yang termasuk dalam proposal formal. Selanjutnya, dalam tulisan ini proposal karya ilmiah disebut dengan proposal ilmiah.

Proposal ilmiah adalah usulan kegiatan yang berisi rancangan kerja atau langkah-langkah untuk melakukan kegiatan ilmiah. Dengan demikian proposal ilmiah merupakan rancangan kerja atau kegiatan ilmiah, bukan kegiatan sehari-hari. Tentu saja dalam proses pembuatan proposal ilimah perlu suatu tahapan-tahapan yang runtut sehingga didapatkan hasil proposal yang benar.

Baca juga:  Bercerita dengan Teknik Pemodelan Jauh lebih Menarik

Dalam proses belajar mengajar, guru dapat menggunakan berbagai teknik pembelajaran. Salah satu teknik pembelajaran adalah teknik pemodelan. Teknik pemodelan adalah suatu teknik pembelajaran yang menggunakan model dalam memberikan pejelasan materi kepada siswa. Terdapat berbagai jenis teknik pemodelan. Salah satu jenis teksnik pemodelan adalah menggunakan contoh. Contoh yang dimaksud dapat berupa contoh teks. Dalam hal ini teknik pemodelan berupa contoh cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks proposal ilmiah.

Pembelajaran bahasa Indonesia materi teks proposal ilmiah pada tahun ajaran 2021/2022 diajarkan di SMA Jetis di kelas XI semester 2. Terdapat empat submateri pembelajaran teks proposal, yaitu mengidentifikasi informasi penting, melengkapi informasi dalam proposal lisan, menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan proposal, serta merancang sebuah proposal karya ilmiah.

Baca juga:  Pembelajaran IPS secara Daring Mudah Dipahami dengan Microsoft Teams

Pada akhir pembelajaran materi teks proposal adalah siswa diminta merancang sebuah proposal ilmiah atau menyusun proposal ilmiah. Bahwasanya siswa kelas XI SMA N 1 Jetis, Bantul kesulitan untuk menyelesaikan submateri menyusun proposal ilmiah. Kesulitan yang dihadapi adalah memahami isi, sistematika, dan kaidah bahasa proposal ilmiah.

Isi suatu proposal bergantung kepada jenis proposal yang akan dibuat, jadi jika akan membuat proposal ilmiah berarti isi proposal tersebut adalah tentang penelitian ilmiah. Kaidah bahasa proposal antara lain menggunakan istilah ilmiah, menggunakan banyak kata kerja tindakan, dan. menggunakan kata-kata yang menyatakan pendefinisan. Sementara sistemtaika dari proposal ilmiah secara garis besar adalah adanaya latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, landasan teori, metode penelitian, dan kerangka penulisan laporan.

Baca juga:  Tingkatkan Akselerasi Pembelajaran Reading melalui Blended Learning

Dengan membaca dan melihat contoh proposal ilmiah yang disediakan guru , siswa kelas XI SMAN 1 Jetis lebih mudah memahami isi, sistematika, dan struktur proposal ilmiah..Saat menyusun proposal ilmiah, siswa secara langsung dapat menemukan isi, sistematika dan kaidah bahasa proposal ilmiah, Siswa juga mempunyai panduan yang jelas dalam menyusun proposal ilmiah.. Jadi dengan menggunakan teknik pemodelan berupa contoh, siswa dapat menyusun suatu proposal ilmiah dengan baik, sesuai dengan isi, sistematika, dan kaidah bahasa proposal yang diharapkan. (wa1/zal)

Guru SMAN 1 Jetis, Bantul

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya