alexametrics

Meningkatkan Penguasaan Noun Phrase Siswa melalui Permainan Rotar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Noun phrase merupakan sebuah kata baru yang berasal dari gabungan beberapa kata untuk menjelaskan noun itu sendiri. Noun phrase biasanya digunakan saat satu kata saja masih kurang spesifik untuk menjelaskan sebuah noun. Penggunaan noun phrase diharapkan dapat menjadikan informasi suatu noun lebih lengkap.

Adjective merupakan jenis kata terbaik yang bisa digunakan untuk noun phrase. Bahkan meski tidak tahu istilah “noun phrase”, kita sering menggunakan kombinasi adjective + noun dalam percakapan sehari-hari. Adjective yang digunakan dalam kalimat ternyata ada aturan dan urutannya tersendiri yang perlu kita ikuti. Maksudnya adalah jika ada lebih dari 1 adjective dalam satu kalimat, maka perlu mengikuti aturan urutan berdasarkan kategori berikut:

Opinion : pretty, delicious, cool, nice.
Size : big, tiny, fat, tall.
Shape : square, round, cylindrical.
Age : old, new, young.
Color : red, green, blue, yellow.
Origin : American, Chinese, Turkish.
Material : steel, bronze, ceramic, stone.

Baca juga:  Belajar Mudah tentang Integral dengan Team Assisted Individualization

Urutan di atas perlu diperhatikan dan jangan sampai terbolak-balik alias mutlak. Contoh: He had two happy big brown pigeons. (happy – opinion, big -size, brown – color)
I will bring you a beautiful huge flower bouquet. (beautiful – opinion, huge -size)
Have you seen my little 5 years old white dog around here? (little – size, 5 years old – age, white – color)

Menurut Eryani (2009:5) pengunaan media pembelajaran dapat memperjelas pesan yang ingin disampaikan kepada anak, yang dapat membantu anak untuk meingkatkan motivasinya dalam belajar. Serta membuat pembelajaran lebih bervariasi dan diharapkan agar pembelajaran ang dilakukan anak lebih bermakna. Media sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan termasuk menIngkatkan penguasaan noun phrase. Penggunaan media pembelajaran dapat memperjelas pesan yang ingin disampaikan kepada anak, membantu anak untuk meningkatkan motivasinya dalam belajar. Serta membuat pembelajaran lebih bervariasi dan diharapkan agar pembelajaran yang dilakukan anak lebih bermakna. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka penulis mencoba menggunakan media permainan rotar (roda putar).

Baca juga:  Microsoft Sway Jadi Alternatif Pembelajaran IPA saat Pandemi

Permainan rotar adalah suatu media bermain untuk meningkatkan noun phrase anak. Permainan rotar noun phrase adalah permainan yang sangat mengasyikan dan tidak akan membosankan karena putaran kata ini akan membentuk noun phrase yang banyak. Dengan tidak disadari, dalam bermain bahasa Inggris, anak menguasai noun phrase begitu banyak tanpa harus memaksa anak. Kegiatan ini dilakukan oleh guru kepada anak didiknya untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik. Permainan rotar adalah sebuah permainan yang terbuat dari kertas buffalo berwarna, yang berbentuk lingkaran. Ada 4 lingkaran yang harus dibuat yang berisikan bermacam-macam kata bahasa Inggrisnya.

Lingakaran ke-1 paling kecil di bagi 2 berisi kata a dan an.

Baca juga:  Belajar Tematik Menyenangkan dengan Media Skema Lucu

Lingkaran ke-2 agak besar dibagi 8 berisi kata : cute, handsome, impressing, amazing, elegant, wonderful, beautiful dan pretty.
Lingkaran ke-3 agak besar lagi dibagi 8 berisi kata : pink, green, purple, orange, white, yellow, brown, dan red.
Lingkaran ke-4 paling besar di bagi 8 berisi kata : T-shirt, skirt, blouse, shirt, dress, cap, socks, dan veil.

Kemudian ditumpuk di tengahnya diberi pines yang ditancapkan di karet penghapus yang dapat diputar sesuai keinginan. Setelah lingkaran diputar satu langkah, kemudian anak disuruh merangkai noun phrase serta disuruh menulis noun phrase yang terbentuk. (mn/lis)

Guru SMA Negeri 2 Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya