alexametrics

Kemandirian Finansial Berbasis Pada Aset Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Oleh : Sunaji, S.Pd., M.Eng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Cita – cita Bangsa Indonesia sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanaan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Selanjutnya di dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, yang menyebutkan visi dan misinya adalah untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja, maupun ekstrakurikuler. Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat menjawab tantangan zaman bagi generasi saat ini agar tidak kehilangan nilai-nilai pancasila yang luhur dan masih sangat relevan dengan masa kekinian.

Baca juga:  Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila pada Kurikulum Prototipe

Salah satu implementasi proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Kedung Jepara adalah menjadikan peserta didik yang demokratis, menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21 dengan memberikan materi praktik kewirausahaan secara langsung bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Jepara. Adapun tahapannya dimulai dari analisis strength, opportunity, aspiration, result (SOAR) dengan melibatkan pemangku kepentiangan untuk menggali kekuatan potensi internal, maupun dukungan lingkungan dunia industri.

Langkah berikutnya adalah menggandeng PT Pos Indonesia Jepara untuk bekerja sama dalam mengelola kelas pencetak wirausaha mulai dengan penandatanganan nota kesepahaman, dan selanjutnya proses pendampingan berupa bimbingan teknis secara sistematis. Pada tahap bimbingan teknis, nara sumber dari PT Pos Indonesia menjelaskan secara lengkap mengenai jenis layanan-layanan yang bisa dilakukan oleh peserta didik. Juga dijelaskan mengenai pembagian keuntungan yang akan diperoleh oleh peserta didik kaitannya dengan finansial yang akan diperoleh peserta didik.

Baca juga:  Program “Apem Legi” Tingkatkan Kompetensi Global dan Profil Pelajar Pancasila

Setelah peserta didik memahami teknis pelaksanaannya, proses selanjutnya adalah menginstall aplikasi pospay melalui play store pada masing-masing android peserta didik. Langkah selanjutnya dibentuk kelompok masing-masing terdiri dari lima belas peserta didik dan satu guru pembimbing.

Tugas guru pembimbing selalu mendampingi dalam pembimbingan kepada kelompoknya, dan setiap hari Jumat melaksanakan monitoring terhadap kinerja peserta didik sesuai pembagian kelompokinya. Monitoring ini fokus pada pelaksanaan pelayanan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh peserta didik di lapangan dan kendala yang dihadapi selama melakukan transaksi kepada pelanggan, serta pelaporan pendapatan dari hasil transaksi yang diperoleh setiap minggu per peserta didik.

Selanjutnya guru pembimbing masing-masing kelompok mencatat dan mengumumkan tabulasi hasil akumulasi pendapatan masing-masing peserta setiap hari Jumat setiap minggunya. Hasil pendapatan transaksi mingguan akan diakumulasikan bulanan, semesteran dan pada akhir tahun akan diumumkan lima peserta dengan pendapatan tertinggi untuk diberikan penghargaan Top Five Awards.

Baca juga:  Meningkatkan Mutu Lulusan melalui Bengkel STEMA

Melalui penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Kedung, Jepara dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) ini, didorong mampu mewujudkan kemandirian finansial bagi peserta didik, sehingga dapat membantu peserta didik dalam memenuhi kebutuhan peningkatan pendidikannya secara mandiri. (nov2/aro)

Kepala SMK Negeri 1 Kedung, Jepara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya