alexametrics

Efektivitas Media Teleprompter dalam Pembelajaran Membacakan Teks Report

Oleh: Lyya Cabana, S.Pd., M.Si.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MELATIH peserta didik untuk membacakan teks report dalam bahasa inggris dibutuhkan semangat ekstra. Mengingat membaca teks report dibutuhkan ketrampilan membaca yang cenderung lebih sukar dibanding jenis teks lain. Karena didalam teks report banyak sekali istilah kosa kata yang jauh lebih sulit dan tidak sering digunakan, selain itu biasanya banyak ditemukan juga menggunakan bahasa asing (bahasa latin).

Ketrampilan membaca teks secara nyaring pada dasarkan adalah pembelajaran praktik bukan teoritis. Untuk itu peserta didik perlu berlatih dengan keras. Seperti kata pepatah “Practice makes perfect” yang artinya latihan membuat sempurna dengan kata lain semakin banyak kita berlatih semakin baik hasilnya. Membaca teks report dengan lancar dimana mata seolah – olah seperti tidak melihat teks harus dilatih secara tepat dengan memperhatikan pengucapan, penekanan kata, kelancaran, dan ekspresi muka.

Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran membacakan teks report adalah Teleprompter. Untuk mendukung pembelajaran membacakan teks report, penulis terlebih dahulu menginstal aplikasi ini. Aplikasi teleprompter ini sangat mudah kita dapatkan. Aplikasi ini juga banyak ditawarkan dalam bentuk gratis. Cara penginstalannya pun sangat mudah. Tinggal download di play store. Dalam hal ini penulis memilih aplikasi Teleprompter Audio dan Video. Sehingga untuk berlatih membacakan teks report bisa dengan cara suara saja atau dilengkapi dengan video.

Baca juga:  Strategi TDB sebagai Solusi Pembelajaran PAI di Tengah Pandemi

Dalam pembelajaran membacakan teks report, penulis menyajikan terlebih dahulu teks report yang nantinya akan dibacakan oleh peserta didik. Di awal pelajaran, guru meminta peserta didik untuk mendownload aplikasi Teleprompter Audio dan Video. Setelah masing – masing peserta didik mendownload aplikasi tersebut, teks report yang telah disiapkan guru dapat di share ke peserta didik. Peserta didik tidak perlu menulis ulang teks tersebut, akan tetapi bisa di copy paste ke aplikasi tersebut.

Membaca teks report menggunakan Teleprompter berarti kita membaca teks berjalan (running text) sambil merekam suara maupun video waktu kita membaca pada waktu yang bersamaan. Sofware dari aplikasi Teleprompter akan mengijinkan kita meng copy paste script/teks sehingka kata kata dalam teks akan berjalan saat kita membacanya. Kita tidak memerlukan kaca cermin atau alat bantu mahal lain untuk melakukan latihan perekaman pembacaan teks report.

Baca juga:  Serunya Belajar Bilangan Bulat dan Pecahan dengan Course Review Horay

Cara penggunakan Teleprompter yang diterapkan di SMPN 3 Demak pun sangatlah mudah. Setelah kita menginstal aplikasi Teleprompter Audio dan Video ini, langkah untuk memulai aplikasi ini yang pertama klik tanda + (tambah) pada bagian sisi kiri atas. Kemudian kita dapat mengetikkan script teks Report atau menempelkan teks yang sudah kita copy pada layar space yang tersedia. Teks tersebut kita simpan dengan diberi nama.

Untuk memulai perekaman kita pilih teks yang akan kita bacakan kemudian apakah kita pilih akan merekam mengunakan audio saja atau video. Setelah itu klik tanda segitiga warna hijau atau tombol Play. Setelah itu tulisan script akan mulai berjalan dan kita bisa langsung berlatih membacanya.

Pada aplikasi Teleprompter, kita bisa mengatur penggunakan teleprompter tersebut dengan cara meng-klik tombol pengaturan. Kita bisa mengatur kecepatan teks berjalannya, ukuran huruf, transparasi, latar belakang, hitung mundur, cermin dan kisi. Apabila kita telah selesai perekaman, kita bisa klik tombol selesai dan menyimpan atau membagikan file tersebut.

Baca juga:  Belajar Narrative Text melalui Film Animasi

Setelah mempraktekkan pembelajaran membaca teks report menggunakan Teleprompter, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini menjadi lebih efektif, peserta didik lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, selain itu peserta didik mendapat pengalaman baru membaca teks report serasa menjadi reporter berita di televisi. Hasil penilaian pun menunjukkan bahwa peserta didik dapat membaca dengan lebih lancar, pengucapan dan penekanan kosakata lebih baik dan ekspesi mukanya juga baik, dapat mengikuti teks yang dibacakan.

Dalam pembelajaran membaca teks report menggunakan aplikasi Teleprompter, guru diharapkan dapat memberikan bimbingan penuh, terobosan baru, dan intensif dalam proses pembelajaran agar mampu memperoleh hasil belajar yang maksimal. Selain itu guru diharapkan dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun skenario pembelajaran agar penggunaan media teleprompter lebih maksimal dan bervariasi. (tt2/zal)

Guru SMPN 3 Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya