alexametrics

Pesan Moral melalui Lirik Lagu Anak

Oleh: Tri Ingkarining Rejeki, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Secara umum, lagu ataupun nyanyian adalah salah satu cara atau media untuk mengungkapkan cerita, pesan ataupun nasehat Sang pencipta lagu kepada seseorang atau pada khalayak umum. Namun demikian, lagu juga dinikmati sebagai sarana untuk menghibur baik didengar secara pribadi lewat radio, televisi atau ponsel atau bahkan disiarkan lewat panggung terbuka di tempat – tempat hiburan, tempat rekreasi atau orang yang punya hajatan. Isi lagu pun bermacam – macam, ada yang menceritakan pengalaman pribadi, lelucon bahkan pesan moral.

Melihat kenyataan setiap hari di SD Negeri 3 Jambearum, Kecamatan Patebon, masalah demi masalah pasti sering terjadi antara siswa dengan siswa bahkan mungkin siswa dengan guru. Sebagai guru kita tidak pernah lepas dari tanggung jawab untuk menyampaikan pesan moral pada anak didik kita. Siswa maupun guru mempunyai karakter yang tidak sama, untuk menyampaikan pesan moral terkadang kita terhalang karena adanya perbedaan karakter. Untuk itu, sebagai pendidik yang baik dan professional, kita harus bisa menyampaikan pesan moral yang baik kepada anak didik kita.

Baca juga:  Menumbuhkan Sikap Sosial Religius Anak dengan Pembiasaan Infak

Siswa di zaman sekarang bila diberi nasehat secara langsung dengan kata – kata jarang sekali yang mau mendengarkan. Apalagi bila guru mengucapkannya dengan nada tinggi, otomatis mereka tidak mau mendengarkan bahkan mungkin mereka malah mengadakan perlawanan. Agar pesan moral tidak berkesan memaksa, salah satu cara yang dapat kita lakukan melalui lirik lagu anak. Karena selain sebagai sarana hiburan, lagu juga bisa digunakan untuk sarana mendidik anak. Lewat lirik lagu anak kita bisa menyampaikan pesan moral yang kita harapkan. Banyak sekali lirik lagu anak yang dapat kita ubah dengan lirik yang isinya adalah pesan moral atau nasehat yang menarik.

Apalagi sebagai guru kelas di kelas rendah, kita harus kreatif untuk bisa mengubah lirik lagu- lagu anak yang biasa dinyanyikan menjadi lagu yang bisa memberi pesan moral dan motivasi serta semangat untuk belajar. Sebagai contoh kegiatan pembelajaran di kelas rendah SD Negeri 3 Jambearum sebelum berdoa, siswa diajak menyanyi dengan lirik lagu “Suka Hati“ :
Kalau kau ingin pintar ayo belajar
Kalau kau ingin cerdas janganlah malas
Kalau kau ingin pintar,
Kalau kau ingin cerdas
Mari kita belajar dan berdoa

Baca juga:  Lingkar Terpilih Strategi dalam Pembelajaran Tematik

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan berdoa bersama. Selesai berdoa agar siswa semangat kita menyanyi lagi dengan lirik lagu “Senenge – Senenge”
Senenge senenge yen esuk yen esuk
Sekolah sekolah bareng konco konco
Ing endi ing endi SD 3 Jambearum
Ayo dho golek kapinteran

Tidak lupa kita juga mengingatkan pada siswa mengenai kebiasaan kebiasaan baik yang harus dilakukan setiap waktu dengan menyanyikan lirik lagu di bawah ini :
Yen esuk sugeng enjang
Yen awan sugeng siyang
Yen sore sugeng sonten
Yen bengi sugeng ndalu
Diparingi matur nuwun
Ditimbali matur dalem
Yen liwat nderek langkung
Yen lepat nyuwun pangapunten

Dari beberapa contoh lirik lagu di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa selain sebagai sarana untuk hiburan, ternyata lirik lagu juga bisa dimanfaatkan untuk sarana pendidikan sebagai alat untuk menyampaikan pesan moral, ilmu pengetahuan juga keterampilan. (kd/aro)

Baca juga:  Menulis Teks Drama dengan Teknik Pemodelan

Guru SD Negeri 3 Jambearum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya