alexametrics

Permainan Pesawat Terbang Kertas Tingkatkan Motivasi dalam Gerak Dasar Lempar

Oleh : Tri Joko Susila, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kurikulum Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar (SD), disebutkan bahwa pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara sistematik. Bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, sosial, dan emosional.

Lebih jauh ditegaskan bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, yang memfokuskan pengembangan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani.

Pendidikan merupakan suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Peranan pendidikan jasmani sangat penting. Yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani yang dilakukan secara sistematis, terarah, dan terencana. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat.

Baca juga:  Mudahnya Menulis Surat Pribadi dengan Examples Non Examples

Siswa kelas II SDN Kajoran 2, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang berdasarkan pengamatan untuk belajar materi gerak dasar manipulif, kurang berminat. Sehingga masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran, maka diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lempar perlu adanya metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan gerakan lempar menggunakan media yang lebih menarik.

Gagne dan Briggs (dalam Arsyad, 2013) secara eksplisit mengatakan bahwa media pembelajaran mencakup alat-alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi bahan ajar. Dari pengertian tersebut, media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Berdasarkan pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar.
Lempar atau melempar bagi anak-anak merupakan salah satu dari aktivitas pengembangan kemampuan geraknya yaitu untuk melakukan sesuatu bentuk gerakan dengan anggota badannya secara lebih terampil, atau sering juga dikatakan dengan keterampilan manipulatif (Syarifudin, 1992).

Baca juga:  Peningkatan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas melalui Modifikasi Alat Bantu

Menurut Mochamad Djumidar A. Widya (2004), lempar adalah suatu gerakan yang menyalurkan tenaga pada suatu benda yang menghasilkan daya pada benda tersebut dengan memiliki kekuatan ke depan/ke atas. Pada saat melakukan lemparan pasti memiliki maksud dan tujuan tertentu. Siswa dapat diajarkan berbagai bentuk keterampilan motorik yang sesuai kemampuannya.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan lempar adalah suatu gerakan yang menyalurkan tenaga pada suatu benda yang menghasilkan daya pada benda tersebut dengan memiliki kekuatan ke depan/atas. Lempar merupakan gerak dasar dalam permainan bola kecil.

Salah satu metode untuk melakukan lempar anak-anak kelas II di SDN Kajoran 2 supaya antusias yaitu dengan media pesawat terbang dari kertas. Kertas dilipat kemudian dibentuk pesawat. Anak lebih semangat dalam membuat pesawat dan melempar pesawat tersebut. Anak-anak akan melempar berulang-ulang.

Baca juga:  NHT Tingkatkan Motivasi Pembelajaran IPA

Berdasarkan metode tersebut anak-anak lebih antusias mengikuti olahraga, khusus olahraga dalam pembelajaran lempar. Anak-anak makin semangat dalam melempar pesawat kertas. Dengan demikian latihan lempar dengan mengunakan pesawat kertas dapat meningkatkan motivasi anak dalam melakukan gerak manipulatif khususnya dalam latihan gerak dasar lempar. (mn2/lis)

Guru SDN Kajoran 2, Kec. Kajoran, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya