alexametrics

Pemanfaatan Microsoft Teams dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Kusrijanti S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMERINTAH Indonesia sudah menyikapi pandemi Covid-19, dengan gencar melakukan vaksinasi hingga tiga kali tiap orang. Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) wajib untuk divaksin dan setidaknya sudah melaksanakan vaksin minimal dua kali. Kegiatan ini juga dilaksanakan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Pola hidup bersih dan sehat terus digalakkan oleh berbagai lembaga pemerintah maupun instansi swasta. Kegiatan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas terus digiatkan.

Pendidikan merupakan salah satu sendi kehidupan yang terdampak cukup kompleks dengan adanya pandemi Covid-19. Pada 16 Maret 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan surat edaran tentang kebijakan-kebijakan terkait pencegahan Covid-19, yang salah satunya adalah muncul kebijakan belajar dari rumah (study from home) yang merupakan rangkaian dari bekerja dari rumah (work from home) dan beribadah dari rumah (pray from home).

Dalam menyikapi hal tersebut, SMP Negeri 10 Salatiga melakukan kegiatan pembelajaran secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office 365. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis oleh peserta didik, pendidik, maupun staf di sekolah yang memungkinkan pendidik dan peserta didik dapat bekerja sama, berkomunikasi dengan mudah, dan menarik. Syarat yang harus dimiliki dalam menggunakan fasilitas Microsoft Teams (MS Teams) setiap anggota atau peserta, baik pendidik maupun peserta didik mempunyai akun google pribadi di handphone atau laptop masing-masing, serta tersedia kuota internet.

Baca juga:  Jurus Jitu Tetap Gerak dengan Peluru Kertas

Untuk menginstal aplikasi desktop Microsoft Teams, harus melalui beberapa tahap, yakni 1) Buka Browser dikomputer /HP android, dan telusuri ke https://teams.Microsoft.com/downloads. Navigasikan ke tombol unduh yang berlaku untuk versi Windows, lalu tekan enter. 2) Tekan Alt +N untuk melompat ke pemberitahuan unduhan, lalu tekan enter untuk memilih Jalankan. Aplikasi Microsoft Teams mulai menginstal. Setelah selesai, jendela masuk Microsoft Teams akan terbuka dan dapat segera memasukkan kredensial untuk masuk.

Dalam penerapannya, karena kebanyakan peserta didik menggunakan HP Android, akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan siswa melalui rapat atau meeting. Tahap pertama, memulai dengan memilih dan menekan aplikasi yang bersimbol Team, kemudian pilih dan aktifkan Kalender, selanjutnya tekan tanda +(plus), lanjut dengan menuliskan Judul, memilih saluran (kelas yang kita pilih yang akan kita ajar, menentukan hari, tanggal, dan jam mulai maupun jam berakhir, menambahkan peserta atau tidak, apabila sudah kita tekan tanda v(centang), berarti agenda pembelajaran sudah terjadwalkan.

Baca juga:  Bergembira dengan Klasifikasi Dikotom, Walau PJJ

Tahap kedua, jadwal yang sudah dibuat, langsung bagikan ke peserta didik dengan cara pilih simbol Teams, misal ketika akan mengajar di kelas 7A, channel diarahkan menjadwalkan rapat di 7A, kemudian pilih kata “Bagikan Undangan Rapat.” Berikutnya pilih lambang whatsapp dan bagikan di grup whatsapp kelas 7A. Dengan demikian, seluruh peserta didik 7A sudah mendapatkan undangan rapat.

Tahap ketiga, setelah sampai pada jadwal yang ditentukan, maka baik pendidik maupun peserta didik tinggal bergabung ke rapat bersama atau pembelajaran dengan cara meng-klik link jadwal yang sudah dibuat dan dibagikan di grup whatsapp. Maka semua pendidik dan peserta didik sudah berada dalam rapat teams, dan pembelajaran sudah bisa dilakukan secara online. Maka video bisa dinyalakan ataupun tidak, tergantung kebutuhan.

Baca juga:  Mengelola Pembelajaran Daring Bahasa Inggris

Demikian cara mudah pembelajaran dengan membuat Microsot Teams dan menggunakannya untuk proses belajar mengajar, tanya jawab interaktif, penugasan, ulangan harian maupun penilaian semester dan penilaian akhir tahun. Dan masih banyak fasilitas yang terdapat pada aplikasi ini. Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga berbagai sendi kehidupan, terutama kegiatan pendidikan dapat berlangsung normal kembali. (igi1/ida)

Guru IPA SMP Negeri 10 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya