alexametrics

Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Media Tik Tok

Oleh : Winingsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di era digital, siswa dituntut untuk mempunyai kreativitas. Apalagi dengan adanya peran media digital. Munculnya media digital tidak lepas dari adanya perkembangan teknologi dan informasi saat ini. Dengan perkembangan teknologi dan informasi sangat mempermudah aktifitas sehari-hari. Bahkan, sekarang media digital sangat berperan dalam berbagai bidang kehidupan. Seperti kesehatan, bidang perekonomian, hingga pendidikan.

Media digital menjadi alat informasi atau mengkomunikasikan suatu pesan atau informasi, secara lebih efektif, praktis, serta dapat dikemas dengan konsep menarik. Media digital sangat berperan dalam sektor pendidikan. Mempermudah proses pembelajaran agar lebih eye catching. Dengan proses pembelajaran menarik, tentu dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Guru dituntut kreatif serta melek media digital. Termasuk tentunya siswa harus memiliki kreativitas serta melek penggunaan media digital.

Baca juga:  Tingkatkan Kreativitas Siswa dengan Belajar Reklame

Mengapa siswa? Karena saat ini siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya dapat membuat atau menciptakan suatu media belajar. Misalnya pada siswa kelas VI muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang materi Mengidentifikasi karakteristik geografis, dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. Siswa diminta membuat konten video tentang materi tersebut dan di share di akun media tiktok siswa. Sehingga Tiktok yang biasanya berisi konten yang kurang mendidik dapat dimanfaatkan siswa secara positif. Pembuatan video dapat menggunakan handphone.

Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang banyak di gunakan di Indonesia. Bahkan menempati posisi lima aplikasi gratis teratas serta posisi pertama aplikasi hiburan di App Store. Media tiktok merupakan platform yang bisa memungkinkan pengguna membuat suatu konten berupa video musik kreatif. Sudah banyak fitur yang dapat digunakan secara gratis untuk mendukung pembuatan video yang menarik atau eye catching.

Baca juga:  Google Form Ajarkan Peserta Didik Pahami Manfaat Paperless

Tiktok salah satu aplikasi yang sering upgrade fitur terbaru agar para pengguna puas, dan kualitas video yang dibuat menghasilkan suatu karya video menarik. Tidak sebatas media hiburan, tetapi tiktok menjadi media yang informatif serta mengedukasi pengguna aplikasinya. Maka tidak salah jika aplikasi tiktok menempati posisi teratas di antara aplikasi lain. Karena mempunyai peran mengedukasi. Sehingga, sangat cocok digunakan di dunia pendidikan sebagai sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran.

Pendidikan sekarang menuntut siswa memiliki peran aktif. Selain itu siswa dituntut untuk memiliki kreatif dalam memanfaatkan media digital. Karena aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan siswa dalam meng create video pembelajaran terkait materi yang dipelajari. Dengan penggunaan mudah tentu dapat memberikan hasil video maksimal. Sehingga memiliki output keberhasilan terhadap pemahaman suatu materi pembelajaran.

Baca juga:  Penilaian Sikap Peserta Didik dengan Google Form

Video yang menarik serta menghibur walaupun memiliki tema edukasi tentu akan memberikan ketertarikan bagi yang menonton. Sehingga informasi atau pesan dalam video mudah ditangkap serta diserap siswa. Selain itu, menjadi nilai plus bagi terciptanya anak didik yang kreatif dan inovatif. Dengan demikian dengan Tiktok siswa dapat menguasai pengetahuan atau materi pelajaran dengan mudah. Sehingga hasil belajar dapat tercapai serta kreativitas siswa berkembang dan meningkat. (igi1/fth)

Guru Kelas SD Negeri Tegalrejo 01, Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya