alexametrics

Youtube Channel Solusi Penugasan Materi Seni Tari pada Masa PJJ

Oleh: Kamsih, S.Sn

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona. Surat edaran ini antara lain isinya mengenai belajar dari rumah melalui pembelajaran daringDari ketentuan tersebut maka SMP Negeri 1 Andong mendukung program pemerintah dengan melaksanakan Proses Belajar Mengajar online/daring dengan fasilitas WA Group, youtube channel, dan sosial media yang lain.

Dilatarbelakangi oleh surat edaran yang menghimbau untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, maka pembelajaran di SMP Negeri 1 Andong dimulai dari awal Maret 2020 memberlakukan sistem tersebut.

Dalam pembelajaran, tidak hanya diperlukan penilaian pengetahuan saja, akan tetapi juga diperlukan penilaian keterampilan. Banyak kendala yang kita hadapi selama melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring, baik itu dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal, siswa banyak yang belum menyadari mengapa diberlakukan sistem itu. mereka beranggapan bahwa di rumah adalah libur.

Walaupun sebelum pelaksanaan belajar dari rumah secara daring pihak sekolah sudah mensosialisasikan adanya virus Corona yang menyerang negara kita. Salah satu upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona dengan tidak melakukan pembelajaran dengan tatap muka. Tetapi masih sedikit kesadaran siswa bahwa mereka di rumah tetap sekolah akan tetapi secara daring. Faktor eksternal yang menjadi kendala dalam PJJ adalah fasilitas gadget, sinyal, dukungan orang tua.

Baca juga:  Karakter Kreatif sebagai Salah Satu Profil Pelajar Pancasila melalui Penciptaan Karya Seni

Penulis sebagai guru Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Andong juga melaksanakan penugasan secara online/daring. Salah satu Kompetensi Dasar Seni Budaya kelas IX semester 2 adalah Menampilkan Tari Kreasi dengan pola lantai dan iringan. Menurut Keni Andewi dalam Buku Mengenal Seni Tari (2019), Tari Kreasi termasuk dalam jenis tari yang mengalami pembaruan, merupakan jenis kesenian tari yang dalam melakukannya tidak terikat dengan peraturan baku, yang sudah ada sebelumnya dalam seni tari tradisional.

Penyampaian materi tersebut diperlukan sarana yang dapat memberikan penjelasan agar siswa mampu menyerap dan memahami materi dengan jelas sehingga diharapkan siswa mampu mengerjakan penugasan dari guru dengan baik.

Baca juga:  Mencegah Pernikahan Dini dengan Media Buku Saku Kespro

Guru merasa perlu mencari solusi media apa yang tepat digunakan untuk menyampaikan materi tentang Tari Kreasi dengan pola lantai dan iringan dalam PJJ. Dengan berbagai kendala yang dialami siswa baik dari faktor internal maupun eksternal maka guru mencoba untuk menggunakan beberapa media agar siswa dapat menerima materi tari kreasi dengan baik dan dapat merespon tugas yang diberikan. Guru membuat langkah-langkah untuk menyampaikan materi tari kreasi di kelas IX melalui beberapa media. Diharapkan guru dapat menemukan media yang tepat sebagai solusinya.

Adapun langkah-langkah yang diberikan guru: pertama, guru membuat power point tentang pengertian tari kreasi, pengertian pola lantai, dan pengertian iringan, serta memberikan beberapa pertanyaan sebagai evaluasi pemahaman bagi siswa Kemudian ditindak lanjuti dengan mengirimkan power point tersebut melalui WA Group kelas. Siswa menerima materi tersebut akan tetapi mereka belum dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan baik. Kedua, guru membuat rekam video yang menjelaskan materi tentang tari kreasi dan memberikan penugasan sebagai evaluasi bagi siswa serta dikirim melalui WA Group kelas. D

Baca juga:  Penerapan Metode Learning Together Tingkatkan Motivasi Belajar Seni Tari

ari hasil penugasan yang diselesaikan siswa ternyata banyak dari siswa yang kurang memehami materi dengan baik. Ketiga, guru mencari tayangan tari kreasi di youtube chanel yang sesuai dengan materi Seni Budaya, Dalam tayangan tari tersebut tergambarkan dengan jelas berbagai gerak tari kreasi, bentuk pola lantai serta iringan tari. Melalui WA Group guru mengirimkan link youtube agar siswa membuka dan mengapresiasi dari tayangan tari kreasi.

Setelah mengapresiasi siswa diminta untuk mengerjakan penugasan dari guru. Dari penugasan yang dikerjakan siswa setelah menyaksikan tayangan tari kreasi melalui Youtube ternyata menunjukan hasil yang lebih baik.

Setelah mengapresiasi tari melalui tayangan di Youtube mereka dapat memahami gerak tari kreasi, bentuk-bentuk pola lantai, serta iringan tari. Melalui Youtube channel penugasan seni tari pada siswa SMP Negeri 1 Andong khususnya kelas IX dapat terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan. (kj1/ton)

Guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Andong, Boyolali,

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya