alexametrics

Pemanfaatan Google Site dalam Pembelajaran dan Media Promosi Sekolah

Oleh: Widodo, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN teknologi yang terjadi begitu cepat telah merubah hampir seluruh tatanan kehidupan sosial, mulai dari kegiatan ekonomi, pemanfaatan transportasi berbasis daring, sampai pada pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan dengan dikenalkannya beberapa platform pembelajaran berbasis daring yang cukup diminati oleh guru seperti penggunaan google meet, google form dan google classroom. Google sebagai platform web tool yang sangat menarik dan memiliki banyak fungsi, memberikan kemudahan bagi para penggunanya unuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan apalagi dalam masa pandemi dengan pembelajaran daring.

Pembelajaran daring memang membutuhkan tanggungjawab, kemandirian dan ketekunan pribadi, karena tidak ada yang mengontrol selain dirinya sendiri. Mereka harus mendownload dan membaca materi, menjawab quiz/soal serta mensubmit tugas secara mandiri. Kapabilitas pembelajaran online akan memberikan kinerja peserta didik yang lebih bagus dibanding dengan pembelajaran konvensional, karena selain berpengetahuan mereka juga melek teknologi.

Google sites adalah salah satu media webstite yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google sites adalah sebuah website yang digunakan untuk keperluan kelompok ataupun pribadi. Google sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan sceara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan google sites dapat menunjang pembelajaran.

Baca juga:  Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Tingkatkan Kualitas Pembelajaran PPKn

Penggunaan google sites dalam proses pembelajaran dapat dioptimalkan menjadi pembelajaran yang lengkap dan menarik. Seperti yang diterapkan di SDN 1 Bengle, Boyolali. Cara mengoptimalkan penggunaan google sites dalam pembelajaran adalah: Materi pembelajaran yang diunggah pada google sites akan memudahkan siswa sehingga siswa tidak perlu copy file menggunakan flashdisk yang dapat merepotkan dan tertular virus.

Siswa tinggal mengunjungi google sites guru, kemudian mengunduh materi pembelajaran. Menyimpan silabus pada google sites akan membuat siswa mengetahui apa topik bahasan yang akan dibahas di kelas pada pertemuan selanjutnya. Sehingga pengetahuan siswa tentang pelajaran yang akan mendatang tidak kosong. Pengumuman tugas diberikan melalui google sites.

Siswa didorong untuk mengunjungi google sites guru secara berkala agar tidak tertinggal informasi mengenai tugas. Sehingga tidak ada alasan bagi siswa jika tidak mengetahui mengenai tugas yang diberikan guru, misalnya karena tidak masuk sekolah. Memberikan pengumuman terbaru pada siswa melalui googgle sites. Seperti memberi link internet yang terkait dengan materi pembelajaran ataupun memberikan informasi referensi buku yang digunakan pada materi pembelajaran.

Baca juga:  Tingkatkan Aktivitas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture

Siswa bisa mengunggah tugas pada google sites yang kemudian dapat dilihat oleh guru. Pada google sites terdapat keterangan mengenai waktu pengumpulan tugas yang dilakukan oleh siswa kemudian guru juga dapat mengatur waktu pengumpulan tugas yang ditetetapkan pada waktu tertentu.

Pemanfaatan sites selain untuk pembelajaran juga dapat dipergunakan untuk membuat website sekolah. Dengan website sekolah ini pihak sekolah bisa mempromosikan atau memberi gambaran bagi calon siswa yang akan masuk ke sekolah tersebut. Dengan menampilkan profile sekolah, fasilitas atau kelebihan yang lain, maka akan menambah nilai plus di mata calon siswa dan masyarakat. Dengan adanya website di sekolah maka secara otomatis sekolah akan dikenal dan dengan hal itu maka sekolah akan menjadi sekolah yang diakui oleh masyarakat lokal, nasional dan international.

Baca juga:  Media Anvis Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Kegunaan google sites dapat menjadi sarana bagi guru dan siswa dalam berbagi pengetahuan dan informasi dalam bentuk dokumentasi yang menarik. Google sites juga sebagai sarana bagi guru untuk mengkomunikaikan kepada orang tua siswa terkait berbagai progres pembelajaran atau dokumentasi siswa, orang tua dapat mengunjungi google sites siswa secara berkala agar mengetahui berbagai informasi pembelajaran anaknya, ini merupakan bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam mencapai tujuan pembelajaran bersama. (kj1/zal)

Guru SDN 1 Bengle, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya