alexametrics

Peran Guru BK dalam Memotivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi

Oleh : Siti Eti Sulistyowati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh adalah salah satu pilihan dalam memberikan layanan pendidikan pada masa pandemi. Pada mata pelajaran Bimbingan dan Konseling (BK) di SMPN 1 Kota Mungkid, biasanya dalam melakukan bimbingan pada siswa yang bermasalah dilakukan secara langsung dengan tatap muka dengan siswa.

Guru BK di SMPN 1 Kota Mungkid menggunakan sarana WA grup dalam memantau siswa baik tentang sikap, perilaku maupun kehadiran siswa. Yaitu dengan melihat cara siswa mengajukan pendapat, mengajukan pertanyaan, cara menjawab pertanyaan, maupun ketepatan waktu dalam presensi siswa setiap jam pelajaran BK. Dari berpendapat, bertanya dan menjawab terlihat sopan tidaknya dalam bertutur kata.

Keikutsertaan dan peran aktif juga menjadi nilai tersendiri dalam mata pelajaran BK. Pada saat pertemuan setiap siswa harus mengisi daftar hadir melalui grup WA dengan dibatasi waktu. Dengan pembatasan waktu tersebut terlihat mana siswa yang rajin dan tidak rajin dalam kehadirannya. Jika dalam batasan waktu tersebut terdapat siswa yang belum mengisi daftar hasil, maka siswa tersebut dihubungi melalui telepon atau japri WA.

Baca juga:  Permainan dengan Serbuk Kayu Permudah Pahami Materi Tata Surya

Menurut Surya (1998) mengutip pendapat Crow & Crow, bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki pribadi baik dan pendidikan memadai kepada seseorang dari setiap usia untuk menolongnya mengembangkan kegiatan-kegiatan hidupnya sendiri mengembangkan arah pandangannya sendiri, membuat pilihan sendiri dan memiliki bebannya sendiri (M.Tohirin, 2008: 17).

Untuk mata pelajaran BK dalam menyosialisasikannya memanfaatkan media sosial. Melalui grup WA kelas guru BK menjalin komunikasi dengan semua siswa yang diasuhnya. Guru BK bekerja sama dengan wali kelas dan guru mata pelajaran dalam menangani siswa. Yaitu siswa yang sama sekali tidak mengerjakan tugas atau mengerjakan belum selesai.

Caranya dengan mengundang orang tua ke sekolah secara bergiliran sesuai protokol kesehatan. Bila perlu diadakan home visit. Tujuannya agar guru atau sekolah memahami hambatan yang dihadapi kemudian diberikan solusi alternatif.

Dengan adanya hambatan belajar yang dirasakan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh ini para guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran. Guru harus lebih banyak berkomunikasi agar mampu menampung segala keluh kesah siswa dalam menyelesaikan permasalahannya. Kerja sama yang baik antarguru BK, wali kelas, guru mata pelajaran dan orang tua akan sangat membantu siswa dalam mengatasi hambatan belajar. Siswa diharapkan untuk bangkit dari keterpurukan mental yaitu rasa malas dan bosan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca juga:  Diagnosis dan Terapi Tolak Peluru Gaya Belakang

Adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar di rumah dengan keterbatasan waktu interaksi secara langsung, membuat siswa mengalami kesulitan. Siswa kurang antusias dalam menyelesaikan tugas dari guru. Maka, guru perlu menanyakan hal ini kepada siswa agar tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran merasa nyaman dan menyenangkan meskipun pembelajaran metode daring agar tercapai tujuan pembelajaran.

Tugas fungsi guru BK sebagai fasilitator bagi siswa agar terus berkreasi terhadap materi yang mereka terima. Di samping itu guru BK memotivasi siswa mengikuti pembelajaran secara daring dengan cara memberikan penghargaan dan pujian.
Motivasi belajar menjadi aspek penting bagi guru guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan/direncanakan baik itu di dalam maupun di luar sekolah.

Baca juga:  Upaya Pemberian Layanan BK di Masa Pandemi

Tindakan guru BK di SMP N 1 Kota Mungkid, yaitu memberikan informasi dan belajar yang efektif terhadap seluruh siswa mulai dari teknik menghafal, mengelompokkan mata pelajaran, meringkas dan tips-tips menghadapi ujian.

Guru BK juga berupaya agar siswa tetap bersemangat dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Sebab pembelajaran daring berbeda prosesnya dibandingkan pembelajaran luring atau tatap muka. Maka guru BK perlu memberikan solusi dan menyelesaikan problem yang dihadapi oleh siswa.

Guru BK senantiasa mendampingi dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi siswa saat pembelajaran jarak jauh komunikasi dapat dilakukan melalui telepon maupun WA. Juga dapat dilakukan home visit dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. (mk1/lis)

Guru BK SMPN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya