alexametrics

Mengefektifkan Penilaian Penjas dengan Google Formulir

Oleh : Adi Suprayitno, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENURUT Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 yang dimaksud penilaian adalah proses mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur prestasi akademik siswa.. Bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru salah satunya adalah Penilaian Harian. Pada kenyataannya guru mengalami kendala dalam melaksanakan, mengoreksi dan menganalisis hasil penilaian, utamanya guru Penjas.

Mata pelajaran Penjas memiliki karakter khusus dibandingkan dengan mata pelajaran lain, dimana kegiatan pembelajaran Penjas lebih banyak dihabiskan di luar kelas daripada di dalam kelas. Guru Penjas biasanya lebih sering melakukan Penilaian Keterampilan saat di kelas dibandingkan Penilaian Pengetahuan.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh guru Penjas untuk mengefektifkan kegiatan Penilaian Harian adalah dengan menggunakan Google Formulir. Google Formulir merupakan layanan dari Google yang memudahkan penggunanya dalam membuat survei kuesioner, formulir, atau semacamnya dengan basis online atau digital (Irene RS, 2022).

Baca juga:  Ciptakan Agen Prokes dari Festival Maskeran

Penilaian Harian menggunakan Google Formulir untuk mata pelajaran Penjas sudah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang. Adapun teknis pelaksanaan Penilaian Harian menggunakan Google Formulir yang dilakukan antara lain : Pertama, Guru membuat soal Online menggunakan google formulir dengan bentuk soal pilihan ganda, benar-salah dan menjodohkan.

Bentuk soal dibuat HOTS (High Order Thinking Skills) supaya siswa dapat menemukan jawaban sendiri dari berbagai sumber. Kedua, guru membagikan tautan/ link soal kepada siswa melalui media sosial Whatsapp grup dengan menyertakan waktu pengerjaan soal. Ketiga, guru menutup soal setelah waktu pengerjaan soal selesai. Keempat, guru mengecek hasil jawaban siswa melalui spreadsheet yang sudah ditautkan ke soal.

Untuk dapat membuat soal online menggunakan google formulir, guru harus terlebih dahulu mempunyai akun google. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman google drive menggunakan email gmail melalui situs drive.google.com. Selanjutnya memilih tombol ‘Baru’ dan kemudian pilih ‘Google Formulir’. Pilih template yang diinginkan atau jika memilih template kosong, selanjutnya isi judul dan deskripsi formulir dengan judul soal yang ingin dibuat. Kemudian pilih jenis pertanyaan yang diinginkan.

Baca juga:  Belajar Struktur Rangka Manusia Lebih Asyik dan Menarik dengan Media AR

Fitur ini memfasilitasi pertanyaan dengan jawaban singkat, paragraf, pilihan berganda, centang dan lain sebagainya. Tuliskan pertanyaan pada kolom pertanyaan dan tambahkan pilihan jawaban pada kolom opsi jika pertanyaan adalah jenis pilihan berganda. Setelah mengisi semua daftar pertanyaan, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mengirim soal kepada kepada siswa dengan cara menyalin tautan/ link soal kemudian dikirim melalui WhatsApp grup.

Penggunaan google formulir untuk penilaian pengetahuan mata pelajaran penjas lebih efektif dan efisien karena selain hemat kertas, juga memudahkan guru dalam mengoreksi serta menganalisis nilai. Hasil penilaian dapat dilihat pada spreadsheet yang bisa diunduh dalam bentuk file Microsoft Excel.

Guru juga dapat melihat rekap hasil analisis jawaban siswa berupa nilai rata-rata, rentang nilai serta pertanyaan yang sulit pada menu jawaban. Menurut siswa, penilaian menggunakan google formulir lebih menarik dan menyenangkan karena soal yang ditampilkan memiliki variasi yang lebih banyak daripada soal manual. Pengerjaan dapat dilakukan dengan HP Android kapan saja dan dimana saja sehingga membuat siswa mampu belajar mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber ilmu. (bat1/zal)

Baca juga:  Istri Politisi PPP Batang Selingkuh dengan Pria Facebook

Guru SMPN 1 Kandeman, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya