alexametrics

Pembelajaran Lingkaran dengan Alat Peraga Styrofoam Menarik bagi Peserta Didik

Oleh : Setyowati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran matematika kadang menjadi momok atau menakutkan apalagi didukung dengan guru yang bawaannya serius dan disiplin. Sehingga peserta didik belum maksimal dalam mengikuti pelajaran. Untuk mematahkan anggapan tersebut guru harus bisa memberikan layanan pembelajaran yang menyenangkan.

Menurut Bruner (dalam Lambas dkk, 2004:8) jika seseorang mempelajari sesuatu pengetahuan (misalnya suatu konsep matematika), pengetahuan itu perlu dipelajari tahap-tahap tertentu agar pengetahuan itu dapat diinternalisasi dalam pikiran (struktur kognitif) orang tersebut proses pembelajaran akan berlangsung secara optimal.

Jika proses pembelajaran diawali dengan tahap enaktif (menggunakan benda-benda kongkret), dan kemudian, jika tahap belajar yang pertama ini telah dirasa cukup peserta didik beralih ke kegiatan tahap dua. Yaitu tahap belajar menggunakan modus representasi ikonik (dalam bentuk bayangan visual, gambar atau diagram). Selanjutnya, kegiatan belajar diteruskan dengan tahap belajar menggunakan simbolik (simbol-simbol abstrak).

Pembelajaran yang sesuai dengan teori Brunner di atas dirancang agar mengaktifkan dan mengembangkan kreativitas anak sehingga menarik. Materi lingkaran telah diajarkan dengan berbagai cara dan media tapi peserta didik cepat lupa akibatnya prestasi belajar belum memuaskan.

Baca juga:  Strategi Cause Effect and Implications pada Pembelajaran Materi Sumpah Pemuda

Di dalam lingkaran terdapat unsur-unsur lingkaran : titik pusat (P), jari-jari (r), diameter (d), busur, tali busur. Ada juring, apotema, sudut pusat, sudut keliling adalah sudut yang dibentuk oleh perpotongan antara dua buah tali busur di suatu titik pada keliling lingkaran.

Beberapa rumus lingkaran : pertama, keliling lingkaran adalah busur paling panjang di suatu lingkaran. Rumus keliling lingkaran sama dengan 2 kali pi kali jari-jari (jika diketahui jari-jari). Ada juga rumus keliling lingkaran sama dengan pi kali diameter (jika diketahui diameter). Kedua, luas lingkaran sama dengan pi kali jari-jari kali jari-jari (jika diketahui jari-jarinya). Untuk mencari jari-jari jika luas lingkaran diketahui sama dengan akar luas lingkaran dibagi pi. Pi simbolnya bernilai 22/7 atau 3,14.

Alat peraga adalah media alat bantu pembelajaran dan segala macam benda yang digunakan untuk memperagakan materi pelajaran. Menurut Siti Adha dkk (2014: 19) alat peraga adalah satu di antara beberapa cara untuk mengaktifkan siswa berinteraksi dengan materi ajar diperlukan suatu alat bantu yang disebut alat peraga.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia dengan TTS

Sedangkan menurut Nana Sujana (2014: 99) alat peraga dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif.

Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pelajaran matematika kelas VIII semester 2 materi lingkaran di SMPN 1 Mungkid yang mudah dibuat dan digunakan adalah styrofoam. Bahan yang diperlukan adalah styrofoam 50 cm x 40 cm, lem, penggaris, pencil, kertas, tali dan paku. Sementara alat yang digunakan adalah gunting atau cutter, penggaris, dan pensil.

Mencari luas tembereng dengan model styrofoam yang diberi gambar semua unsur-unsur lingkaran yang ada. Sediakan styrofoam 50 cm x 40 cm. Bagilah styrofoam tersebut menjadi 2. Buatlah lingkaran dengan styrofoam dengan jari-jari 7 cm.

Buatlah 2 jari- jari lingkaran yang membentuk sudut 90 derajat. Buat tali busur yang akan membentuk segitiga siku-siku dengan 2 jari-jari yang dibuat. Carilah luas seperempat lingkaran yang dibuat (ketemu 154 cm persegi). Carilah luas segitiga yang terbentuk dari 2 jari-jari dan tali busur (ketemu 24,5 cm persegi). Kurangkan seperempat lingkaran dengan luas segitiga siku-siku tersebut, berapa hasilnya? (Ketemu 129.5 cm persegi).

Baca juga:  Belanja Kompetensi Aktifkan Pembelajaran PPKn

Hasil dari luas seperempat lingkaran dikurangi luas segitiga inilah yang dinamakan luas tembereng. Sedangkan luas seperempat lingkaran itu sebagai contoh luas juring. Tempelkan 3/4 lingkaran, segitiga dan tembereng pada styrofoam yang masih utuh.

Model pembuatan alat peraga sangat disenangi, dapat melatih peserta didik untuk berkomunikasi lisan maupun tulisan. Sikap percaya diri siswa meningkat. Selain itu memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika.

Aktivitas siswa pada proses kegiatan belajar mengajar dapat meningkat, lebih menarik dan menyenangkan. Melalui pembuatan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan keterampilan dan hasil belajar matematika bagi siswa SMPN 1 Kota Mungkid. (mk1/lis)

Guru SMPN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya