alexametrics

Membuat Jurnal Umum Akuntansi melalui Aplikasi

Oleh : Dra. Endang Triwahyuni

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kata jurnal umum berasal dari bahasa Perancis, Jour yang artinya ialah hari. Jadi, Jurnal umum merupakan buku harian atau formulis khusus yang digunakan untuk mencatat semua kegiatan transaksi secara kronologis dan sesuai urutan tanggal. Dengan harus mencantumkan nama transaksi, kelompok akun, dan nominal di kolom kredit atau debit (https://sarjanaekonomi.co.id/pengertian-jurnal-umum/). Jurnal menurut Mulyadi (2010:101) merupakan catatan akuntansi permanen yang pertama, yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan.

Menurut Wikipedia, Jurnal umum (bahasa Inggris: general journal, disebut juga buku harian umum) adalah jurnal standar yang dibentuk secara umum. Jurnal sendiri merupakan catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry) setelah bukti transaksi dan digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Jurnal Umum yaitu suatu jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan berdasarkan periode waktu tertentu.

Menurut pendapat ahli yang lain, Ahmad Manarul Hakim, Jurnal Umum merupakan salah satu buku harian atau formulir khusus yang dapat digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan secara kronologis, sesuai dengan urutan tanggal, dengan mencantumkan nama transaksi, jenis akun, dan nominal saldo di kolom debit ataupun kredit.

Baca juga:  Mengenal Organ Pencernaan Manusia melalui Model Picture And Picture

Materi Jurnal Umum di SMA Negeri 2 Grabag diberikan di kelas XII program IPS pada semester gasal. Manfaat mempelajari materi ini yaitu menyediakan informasi yang lengkap tentang pengurangan atau pertambahan suatu perkiraan, untuk mengetahui jumlah yang nantinya dicatat ke dalam satu atau banyak perkiraan, mengetahui jumlah yang akan didebit dan dikredit, serta jumlah itu harus seimbang. Manfaat lain dari jurnal umum adalah memberi tahu jumlah yang sudah diposting ke dalam perkiraan yang tepat berdasarkan pekerjaan serta nomor perkiraannya. Jurnal umum juga bisa menjadi referensi atau tanda atas jumlah yang sudah diposting ke buku besar. Nantinya, ini akan dilanjutkan menjadi laporan keuangan perusahaan.

Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Grabag jika belajar materi jurnal umum kurang antusias, kurang aktif cenderung mengabaikan. Mungkin mereka merasa bosan dengan kegiatan membuat jurnal yang melibatkan angka-angka yang di tulis di buku besar sehingga harus membawa buku yang berat, tidak efektif. Mereka maunya yang simple dan praktis. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, Sebagian siswa mengikuti PTM terbatas dan sebagian lagi belajar secara daring, mereka semakin tidak tertarik dengan materi ini.

Baca juga:  Mind Mapping Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Oleh karena itu penulis dalam mengajarkan materi tersebut menggunakan aplikasi yang dapat dikerjakan baik oleh siswa yang mengikuti PTM maupun yang belajar secara daring dari rumah. Aplikasi yang penulis gunakan adalah excel, karena mudah digunakan dan siswa sudah terbiasa dengan aplikasi tersebut.

Langkah-langkah pembelajaran Jurnal Umum adalah sebagai berikut : pertama, menjelaskan materi tentang jurnal umum, istilah-istilah dalam jurnal umum seperti debet, kredit, nama akun, referensi. Selanjutnya, menjelaskan cara pembuatan jurnal umum di excel dengan cara membuat tabel yang diberi judul Jurnal Umum yang terdiri dari lima kolom antara lain : Tanggal, No. Jurnal, Keterangan, Referensi, Debet, dan Kredit. Tanggal untuk mencatat waktu transaski, no jurnal merupakan no bukti transaksi, keterangan untuk mencatat kegiatan transaksi. Referensi digunakan untuk mencatat kode akun, sedangkan debet digunakan untuk mencatat masukkan, dan kredit untuk mencatat pengeluaran.

Langkah berikutnya adalah cara mengisi kolom kegiatan transaksi. Transaksi yang dicatat pada jurnal umum merupakan kegiatan ekonomi di dalam keluarga masing-masing siswa. Misalnya gaji/pendapatan orang tua, uang yang diterima dari penjualan hasil panen, hasil sewa tanah atau kegiatan yang menghasilkan uang dicatat di kolom debet. Sedangkan pembayaran rekening listrik, pembayaran uang sekolah, uang belanja harian atau transaksi yang berupa pengeluaran ditulis di kolom kredit. Kemudian semua data di kolom debet dan kredit dihitung jumlahnya, lalu dihitung saldonya. Saldo dapat berupa selisih debet maupun selisih kredit. Untuk menghitung jumlah debet, kredit, maupun saldo siswa dapat menggunakan rumus dan formula yang terdapat di aplikasi excel.

Baca juga:  Pengajaran Akuntansi Jasa Lebih Mudah dengan Camtasia

Langkah terakhir yaitu mengubah tampilan jurnal agar lebih menarik dan tidak membosankan. Siswa dapat memilih jenis font yang disukai dan memberikan warna-warna yang berbeda untuk kolom/baris. Di sini siswa diberikan kebebasan untuk menunjukkan kreativitasnya masing-masing. Setelah selesai, Jurnal Umum tersebut dikirimkan ke guru melalui email atau WA grup.

Pembelajaran Ekonomi materi Jurnal Umum melalui aplikasi di SMA Negeri 2 Grabag ternyata sangat menarik bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengerjakan dan ketepatan waktu dalam mengirim tugas yang diberikan. (rn1/ton)

Guru Ekonomi SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya