alexametrics

Berlatih Berbahasa Inggris dengan Menulis Caption di Medsos

Oleh: Okti Partiana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Era sekarang, perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi telah berkembang pesat. Terlihat dengan adanya kemudahan dalam mengakses internet yang dapat menghubungkan banyak orang. Dari berbagai belahan dunia tanpa harus bertatap muka secara langsung. Salah satunya menggunakan berbagai media sosial.

Perkembangan ini pastinya ada dampak baik dan buruk bagi penggunanya. Salah satu dampak baik adalah membantu guru dalam proses pembelajaran. Contohnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Guru bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena mahir dalam bahasa Inggris merupakan salah satu nilai bonus di zaman sekarang.

Anak-anak sekolah pastinya mempunyai media sosial. Sepertinya sudah menjadi candu yang membuat mereka tiada hari tanpa membuka media sosial. Rata- rata remaja usia sekolah telah memiliki akun sosial media sendiri seperti facebook, Instagram, twitter atau sejenisnya. Mereka menggunakannya sebagai media untuk mengekspresikan perasaan, ide, kegiatan, dengan menampilkan foto hingga mengunggah video. Banyak dari mereka mengunggah foto-foto di media sosial, dan bahkan bisa setiap hari melakukannya.

Baca juga:  Metode Demonstrasi dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Procedure Text

Nah, guru khususnya guru Bahasa Inggris bisa memanfaatkan fenomena ini sebagai media untuk meningkatkan perbendaharaan kosa-kata dan kemampuan writing dalam Bahasa Inggris. Yaitu melalui penulisan caption berbahasa inggris yang bisa mereka berikan di setiap foto, video yang mereka unggah. Penggunaan caption berbahasa Inggris bisa menjadi sebuah media pembelajaran bahasa Inggris bagi peserta didik. Mereka dapat memperkaya kosa kata bahasa Inggris mereka meskipun dengan caption yang pendek.

Apakah caption? Kamus Oxford menyebutkan caption adalah words that are printed below a picture, cartoon, etc. that explain or describe it (kata-kata yang tercetak di bawah gambar, kartun, dan lain-lain yang menerangkan atau menggambarkannya). Di sumber lain yaitu Cambridge Dictionary mendefinisikan caption sebagai a short piece of text under a picture in a book, magazine, or newspaper that describes the picture or explains what the people in it are doing or saying. Dan dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebuah teks singkat di bawah gambar dalam buku, majalah, atau surat kabar yang berisikan gambar dan menjelaskan apa yang orang-orang lakukan atau katakan). Sebagaimana definisinya, caption berfungsi memberi informasi dasar dari suatu objek atau gambar.

Baca juga:  Nilai Sempurna dengan Formula Apik dalam Penyelesaian Perhitungan Fisika

Dengan seringnya menggunakan caption berbahasa Inggris, dapat membantu siswa terbiasa mendeskripsikan postingan mereka dalam Bahasa Inggris. Sehingga menjadikan sebuah kebiasaan. Ingat slogan practice makes perfect (semakin banyak berlatih, semakin membuat sempurna). Semakin banyak mereka mengekspresikan pemikiran atau ide dalam Bahasa Inggris semakin pula mereka akan lebih banyak kosa kata yang akan mereka tahu dan kuasai.

Penulis sebagai salah satu guru Bahasa Inggris di SMK Negeri H. Moenadi Ungaran menerapkan hal sama. Dengan membiasakan siswa mendeskripsikan pikiran mereka dalam caption yang berbahasa Inggris di media sosial.

Hasilnya, tampilan gambar atau postingan mereka di media sosial terlihat lebih keren. Selain itu bisa lebih memperkaya kosa-kata Bahasa Inggris anak-anak. Melatih writing skill mereka lebih oke. Belajar Bahasa Inggris bukan saja saat pembelajaran di dalam kelas tetapi juga saat bersosialisasi di dunia maya. (tt1/fth)

Baca juga:  Tingkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Demonstrasi

Guru Bahasa Inggris SMKN H. Moenadi Ungaran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya