alexametrics

WhatsApp Group Sarana Komunikasi Siswa di Masa Pandemi

Oleh : Gideon Benu, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WhatsApp Group ini sangat efektif digunakan saat pembelajaran jarak jauh bagi siswa pada umumnya di rumah sebagai media pembelajaran, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini. Akhir-akhir ini penyebaran virus Covid 19 kembali masif, dengan adanya varian baru virus Covid-19 jenis Omicron yang mana penyebarannya lebih cepat dibandingkan dengan jenis Delta.

Pemerintah pun dengan berbagai macam strategi demi mencegah penularan jenis Omicron ini. Salah satunya dengan kembali menerapkan pembatasan sosial. Pembatasan sosial itu salah satunya dalam dunia pendidikan, proses pembelajaran yang sebelumnya 50 persen kini dilakukan sepenuhnya daring kembali.

Walaupun para guru dan siswa telah melakukan vaksin Covid-19, namun pemerintah tidak mau mengambil risiko yang besar. Sehingga penerapan KBM dilakukan daring (dalam jaringan) seperti pada tahun sebelumnya.WhatsApp dapat digunakan sebagai alternatif penunjang alat komunikasi dalam dunia pendidikan daring. WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet.

Baca juga:  Mengajarkan Gerak Lari Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan daring, berbagi file, bertukar foto, dan lain-lain. (Wikipedia, 2022) WhatsApp menjadi salah satu media sosial yang populer di dunia. Banyak orang di berbagai negara menggunakan platform tersebut untuk berkomunikasi. Berdasarkan data statista, Indonesia merupakan negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak ketiga di dunia. Jumlah pengguna WhatsApp di Tanah Air mencapai 84,8 juta pengguna pada Juni 2021. (Dihni,2021) WhatsApp menggunakan tanda untuk memberikan info terkirim pesan.

Satu tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan berhasil dikirim dua tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan telah diterima tetapi belum dibaca *dua tanda centang berwarna biru berarti pesan telah dibaca. Apabila tidak ada koneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda. Keunggulan aplikasi WhatsApp dapat mengirim file: 1) Foto langsung dari kamera, pengelola berkas , dan galeri. 2) Video langsung dari video kamera, pengelola berkas, dan galeri. 3) Audio langsung merekam suara, pengelola berkas, audio. 4) Lokasi. 5) Kontak (mengirim detail kontak dari kontak telepon).

Baca juga:  Mengatasi Kesulitan Membaca dengan Membaca Tanpa Mengeja

Untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp pastikan: 1) Adanya Koneksi Internet. 2) Tersedianya Paket Data. 3) Unduh Aplikasi WhatsApp di Play store dari masing-masing gadget dengan pembentukan grup di WhatsApp, telah banyak membantu utamanya di masa pandemi seperti ini. Selain penggunanya sederhana, juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan penggunaan SMS saat seperti dahulu yang mana perlu mengalokasikan biaya pulsa operator, lain halnya penggunaan aplikasi WhatsApp ini hanya menggunakan paket data saja. Grup WhatsApp ini dirasa sangat efektif dalam berkomunikasi antara guru dengan orang tua siswa.

Guru dapat memberikan arahan pembelajaran, mengirimkan video pembelajaran, memantau perkembangan peserta didik secara langsung melalui video call, mengirimkan foto, mengirimkan teks, mengirimkan rekaman suara, mengirimkan dokumen pembelajaran baik berupa word maupun pdf. Di samping itu, guru harus mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik SD Negeri Kutowinangun 10, Tingkir, Kota Salatiga. (igi1/aro)

Baca juga:  Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran PPKn

Guru Kelas 2 SD Negeri Kutowinangun 10, Tingkir, Kota Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya