alexametrics

Tingkatkan Motivasi Perserta Didik dengan Teka Teki Silang

Oleh : Kartikasari, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pendidikan IPS sebagai bidang studi yang diberikan pada jenjang pendidikan di lingkungan sekolah, bukan hanya memberikan bekal pengetahuan saja, tetapi juga memberikan bekal nilai dan sikap serta keterampilan dalam kehidupan peserta didik di masyarakat, bangsa, dan negara dalam berbagai karakteristik.

Pendidikan IPS merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Tujuan pengajaran IPS tentang kehidupan masyarakat manusia dilakukan secara sistematik. Dengan demikian, peranan IPS sangatlah penting untuk mendidik siswa mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan agar dapat mengambil bagian secara aktif dalam kehidupannya kelak sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang baik.

Baca juga:  Model Pembelajaran NHT Meningkatkan Hasil Belajar Peninggalan Sejarah

Kenyataan ini mendorong perlunya penerapan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pelajaran IPS adalah model pembelajaran menggunakan Crossword Puzzle atau Teka Teki Silang (TTS). Pembelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 1 Warungasem pada materi Perdagangan internasional menggunakan model pembelajaran tersebut.

Pembelajaran dengan Teka Teki Silang, melibatkan partisipasi peserta didik aktif sejak kegiatan pembelajaran dimulai. Peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan ini peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar.

Selain itu, TTS adalah strategi pembelajaran untuk meninjau ulang materi-materi yang sudah disampaikan. Peninjauan ini berguna untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat-ingat kembali materi apa yang telah disampaikan. Sehingga, peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Baca juga:  Belajar Menulis Descriptive text Menggunakan Media Magic Card

Fungsi dan kegunaan dari teka teki silang itu yaitu membangun saraf-saraf otak yang memberi efek menyegarkan ingatan sehingga fungsi kerja otak kembali optimal karena otak dibiasakan untuk terus menerus belajar dengan santai. Karena belajar dengan santai inilah yang dapat membuat siswa menjadi lebih paham dan mudah masuk dalam ingatan siswa sehingga siswa tidak mudah lupa dengan materi yang sudah diajarkan.

Langkah – langkah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle atau teka-teki silang antara lain: Langkah pertama adalah mencurahkan gagasan (brainstorming) beberapa istilah atau nama-nama kunci yang berkaitan dengan pelajaran studi yang telah anda selesaikan. Langkah kedua, susunlah teka-teki silang sederhana, Langkah ketiga, bagikan teka-teki kepada peserta didik dengan berkelompok atau individu.

Baca juga:  Pembelajaran IPS Masa Pandemi Terbantu Aplikasi WhatsApp

Langkah keempat, masukkan kata yang sesuai dengan panjang kotak yang tersedia secara berkesinambungan sampai seluruh kotak terisi penuh. Langkah kelima, membuat aturan pengisian kata-kata tersebut berhubungan dengan penyamaan jumlah karakter pada pengisian kata-kata kedalam kotak teka-teki. Selanjutnya langkah keenam, isilah teka-teki tersebut secara mendatar ataupun menurun dan Langkah berikutnya diakhiri dengan evaluasi dan refleksi bersama-sama.

Pembelajaran menggunakan Teka Teki Silang (TTS) pada mata pelajaran IPS terbukti peserta didik lebih antusias sehingga motivasi meningkat. (bat1/ton)

Guru IPS SMP Negeri 1 Warungasem

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya