alexametrics

Meningkatkan Kreativitas Guru melalui Penguatan Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Kerja

Oleh: Siswanta, M.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan formal, baik dalam bentuk sekolah negeri yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Dalam pembelajaran, sekolah memiliki tujuan untuk mendidik para siswa di bawah pengawasan guru. Mutu sekolah sangat tergantung pada proses pembelajaran dan juga ditunjang penyediaan fasilitas oleh sekolah baik dalam bentuk fisik seperti sarana dan prasarana maupun kompetensi tenaga pendidik (Pertiwi, Suchyadi, & Handayani, 2019).

Tenaga pendidik dalam hal ini guru adalah sumber daya yang berharga dalam sekolah karena guru merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Hal ini mencerminkan betapa pentingnya peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kreativitas guru merupakan salah satu faktor penting dalam pencapaian tujuan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas (Suchyadi et al., 2019).

Baca juga:  Ubah Mindset Guru dalam Mengajar

Budiman (2017:37-50) menyatakan kepemimpinan visioner memiliki peran yang penting dalam memajukan sebuah lembaga. Kepemimpinan visioner merupakan salah satu kepemimpinan yang dianggap relevan untuk peningkatan kualitas pendidikan saat ini. Kepemimpinan visioner termasuk jajaran model kepemimpinan yang diyakini banyak orang sebagai model kepemimpinan yang membawa pencerahan bagi masa depan.

Hamzah (2013:105) menyatakan pandangan bahwa motivasi kerja guru adalah suatu proses yang dilakukan untuk menggerakkan guru agar perilaku mereka dapat diarahkan pada upaya-upaya yang nyata untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Guru akan bergerak mengerjakan pekerjaan apabila ada yang memotivasi, baik dari dalam diri maupun dari luar.

Selanjutnya, Fathurrohman (2012) mendefinisikan motivasi kerja guru adalah dorongan bagi seorang guru untuk melakukan pekerjaan agar tercapai tujuan pekerjaan sesuai dengan rencana. Menurut Moekijat, (2010:65) mendefinisikan motivasi adalah suatu daya pendorong atau perangsang untuk melakukan sesuatu. Motivasi dalam diri seseorang dipandang sebagai suatu kekuatan tanpa memperhitungkan adanya kelemahan dalam setiap individu.

Baca juga:  Kreativitas Belajar Kimia dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship

Berdasarkan kajian teori di atas, dapat disintesiskan bahwa yang dimaksud dengan motivasi kerja guru adalah dorongan yang berasal dari dalam diri (intrinsik) maupun dari luar diri (ekstrinsik) yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku guru dalam menciptakan kegairahan kerja, agar mau bekerja sama dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.

Yodsala et.al, (2014:92-101) mendefinisikan kepemimpinan visioner adalah gaya seorang pemimpin yang memiliki visi yang tepat sebagai pedoman bagi staf untuk bekerja sesuai arah, termasuk kapasitas untuk memiliki inovasi yang mengarah pada perubahan di masa depan. Kepemimpinan visioner memerlukan kompetensi tertentu.

Berdasarkan kajian teori di atas, dapat disintesiskan bahwa kepemimpinan visioner adalah perilaku pemimpin yang memiliki visi sebagai pedoman untuk bekerja yang mengarah pada perubahan di masa depan, dengan indikator: (1) Orientasi pada masa depan; (2) komunikasi; (3) inovasi; (4) komitmen kerja; (5) keteladanan. Motivasi dalam diri seseorang dipandang sebagai suatu kekuatan tanpa memperhitungkan adanya kelemahan dalam setiap individu.

Baca juga:  Guru Harus Menulis Artikel Inovatif

Sehingga dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara kepemimpinan visioner dengan kreativitas guru, (2) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara motivasi kerja dengan kreativitas guru, (3) Terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara kepemimpinan visioner dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kreativitas guru. Untuk meningkatkan kreativitas guru dapat dilakukan dengan penguatan kepemimpinan visioner dan motivasi kerja. (bat1/ton)

Kepala SMP Negeri 2 Warungasem Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya