alexametrics

Belajar Menyenangkan dengan Pembelajaran Discovery Berbantukan Nyanyian

Oleh : Musdalifah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah, sulit memenuhi tujuan pembelajaran yang sesuai harapan. Permasalahan yang kerap terjadi di kelas V semester 1 SD Negeri 1 Lebosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, adalah keaktifan peserta didik sangat kurang selama PJJ. Bahkan kurang efekttif, terutama pemahaman terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kompetensi Dasar 3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan pada manusia.

Dari hasil pengamatan, beberapa peserta didik merasa jenuh belajar dari rumah. Mendengarkan penjelasan pendidik secara daring serta membaca materi dari buku dan beberapa sumber menjadikan peserta didik bosan sehingga peserta didik menjadi jenuh dalam menerima materi atau bahan ajar. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa pada ulangan harian. Bahkan dari 31 siswa yang mencapai ketuntasan hanya 51 persen.

Penulis mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan model Discovery berbantukan nyayian “susunan alat pencernaan manusia dengan menggunakan nada dari lagu Nona Manis Siapa yang Punya”. Sebagai model pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.

Baca juga:  Belajar Menyenangkan dengan Quizizz

Model pembelajaran Discovery adalah model proses mental dimana peserta didik mampu mengasimilasikan sesuatu konsep atau prinsip. Yang dimaksud dengan proses mental antara lain adalah mengamati, mencerna, mengerti, menggolongkan-golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan dan sebagainya (Sund, 2014).

Tujuan model pembelajaran Discovery adalah meningkatkan kemampuan seseorang dalam hal ini adalah peserta didik dengan menekankan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui pengalaman belajar secara aktif. Dalam prosesnya model pembelajaran ini membuat peserta didik dapat menemukan serta mengemukakan pemikirannya terhadap materi atau bahan ajar dibantu oleh pemdampingan orang tua dengan berbantukan nyanyian “susunan alat pencernaan manusia dengan menggunakan nada dari lagu Nona Manis Siapa yang Punya”.

Menurut Sutikno, M Sobry (2009), metode menyanyi adalah metode pembelajaran yang melantunkan kata atau kalimat yang dinyanyikan. Menyanyi merupakan suatu kegiatan yang disukai peserta didik. Dengan menyanyi menirukan suara pendidik melalui zoom meeting bersama teman-temannya, peserta didik akan semakin senang terhadap apa yang dipelajarinya.

Baca juga:  Antropomorfisme dalam Fabel Modern

Dengan demikian bernyanyi merupakan suatu kegiatan yang sangat disukai oleh peserta didik. Secara umum, menyanyi bagi peserta didik lebih berfungsi sebagai aktivitas bermain daripada aktivitas pembelajaran atau penyampaian pesan. Menyanyi dapat memberikan kepuasan, kegembiraan, dan kebahagiaan sehingga dapat mendorong peserta didik untuk menemukan bahan ajar yang dipelajari.

Selain itu, menyanyi juga dapat menguatkan pemahaman materi yang sudah ditemukan oleh peserta didik. Melalui nyanyian seorang peserta didik akan lebih cepat mempelajari, menguasai, dan mempraktikkan suatu materi ajar yang disampaikan oleh pendidik.

Nyanyian yang digunakan dalam proses pembelajaran secara daring dengan menggunakan nada lagu Nona Manis siapa yang punya dengan mengubah lirik lagu sesuai bahan ajar. Berikut adalah lirik lagu dengan judul “Susunan Alat Pencernaan Manusia”. Susunan alat pencernaan meliputi mulut, kerongkongan dan lambung. Usus halus dan usus besar. Anus pembuangannya.

Baca juga:  Belajar Menyenangkan dengan Picture and Picture

Langkah-langkah dalam model pembelajaran Discovery berbantukan nyanyian yaitu, 1) peserta didik menyanyikan lagu susunan alat pencernaan manusia, 2) peserta didik menemukan organ pencernaan manusia dari lirik lagu, 3) peserta didik menemukan proses pencernaan makanan pada manusia secara urut, 4) peserta didik menemukan cara memelihara kesehatan organ pencernaan pada manusia.

Terbukti melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery berbantukan nyanyian, peserta didik lebih menyenangkan, menarik, aktif, serta peserta didik mudah menemukan materi atau bahan ajar meskipun pembelajaran dilakukan secara daring atau PJJ.

Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dan ketuntasan mencapai 96 persen pada pembelajaran Kompetensi Dasar 3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan pada manusia di kelas V SDn 1 Lebosari Kecamtan Kangkung Kabupaten Kendal. (kd/ida)

Guru SD Negeri 1 Lebosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya