alexametrics

English Fun Learning Melalui Media Komik dalam Canva For Education

Oleh : Yusnita Ariyansyah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Fun learning terdiri dari dua kata yang berbeda arti dan dipadukan. Fun berarti kegembiraan, kesenangan. Sedangkan berarti belajar, mempelajari. Metode fun learning adalah metode yang dapat menciptakan suasana hangat dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Suasana yang dirasa hangat, akrab memungkinkan terciptanya suatu bentuk proses pembelajaran efektif dan partisipatif. Fun Learning adalah apapun yang diajarkan guru mudah diterima dengan senang hati oleh siswa.

Belajar dan mengajar bahasa Inggris membutuhkan banyak kesabaran, energi, waktu, kreativitas dan kompetensi. Keberhasilan pengajaran dan pembelajaran keterampilan bahasa asing ditentukan sejumlah faktor. Baik linguistik dan non linguistik. Seperti siswa, guru, metode, materi dan media atau alat bantu yang digunakan selama pembelajaran.

Menurut Azhar Arsyad (2015:3) media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Media pembelajaran bahasa Inggris sangat penting untuk membantu siswa memperoleh konsep baru, keterampilan dan kompetensi bahasa. Ada banyak jenis media yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar, tetapi guru harus selektif saat memilih.

Baca juga:  Aktif Berbahasa Inggris dengan PermainanTeka-Teki Silang

Canva for Education adalah fitur pembelajaran interaktif, kreatif, menyenangkan dari Canva, dan proses pembelajaran bisa dilakukan secara virtual. Canva for Education bisa membantu memfasilitasi lingkungan belajar yang menyamai kelangsungan, akses, dan struktur pendidikan sekolah. Singkatnya adalah langkah melanjutkan kelas dan pelajaran secara online, tanpa dihambat teknologi yang lambat dan ketinggalan zaman. Pada dasarnya, program yang dicanangkan Canva fokus membantu guru untuk memberikan materi kepada para siswa secara visual. Fitur ini menawarkan banyak sekali gambar, font, grafik, animasi, video, dan template secara gratis.

Di samping itu, ada ruang kelas khusus bagi para guru dan siswa sebagai sarana mengelola tugas sekolah. Canva for Education bisa dikatakan aplikasi sempurna bagi guru yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau kelas online. Keuntungan utama bagi pengajar dan semua siswa bisa mengakses platform secara gratis.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Secara Efektif dan Sederhana

Sebagai media mengajar, Canva sangat bagus untuk mendorong kreativitas, meningkatkan kolaborasi, dan menyenangkan. Guru bisa mengembangkan rancangan pembelajaran yang sudah disediakan Canva dalam bentuk template. Salah satu fitur yang bisa dipakai adalah guru bisa membuat komik pembelajaran yang disesuaikan dengan Kompetensi Dasar yang diajarkan. Beberapa kemudahan adalah pertama, guru bisa bebas memilih tema, template bervariasi termasuk memilih kategori template sesuai keperluan. Dalam pembuatan komik, guru bisa berkreasi dengan mengunggah sketsa sendiri untuk mengisahkan cerita unik untuk digunakan dalam komik. Guru dapat berkreatifitas dan memaksimalkan potensi diri.

Kedua, guru dapat menggunakan alat bantu grid dan bingkai untuk membuat komik. Bingkai adalah alat bantu dasar yang guru perlukan untuk menyesuaikan dan mengunggah sketsa. Bisa membantu guru menyusun dan mengatur komik agar cerita lebih mengalir. Guru juga dapat mengisi kisi hanya dengan warna agar dapat menambahkan narasi sebelum menampilkan karakter.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Kombinasi Blog dan G-Form untuk Pembelajaran PJOK

Berikutnya guru dapat membuat cerita dalam komik lebih hidup. Dengan menghidupkan dialog dengan font dan balon kata gratis. Template komik dari Canva memungkinkan guru menyesuaikan desain dengan mudah. Baik membuat sesuatu lucu, sentimental, maupun aneh. Salah satu cara termudah melalui dialog komik. Dengan ratusan font cantik dan gratis, guru dapat menyampaikan seluruh emosi. Pastikan pembaca mengetahui siapa yang sedang berbicara menggunakan balon kata. Cukup dengan mencari perpustakaan elemen balon kata, lalu memilih salah satu koleksi balon kata yang penuh warna dan unik.

Dengan menggunakan komik dalam pembelajaran, guru bisa menyampaikan materi lebih sederhana dan tampilannya akan disukai siswa. Siswa lebih termotivasi karena komik merupakan media yang disukai. Harapannya ketika siswa suka dan termotivasi maka suasana pembelajaran menyenangkan akan tercapai. Dengan begitu tujuan pembelajaran akan tercapai dengan mudah. (ump1/fth)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Bringin, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya