alexametrics

Ice Breaking Pemecah Kejenuhan di Kelas

Oleh: Siti Mawaridah, S.Pd,

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEGIATAN pembelajaran di kelas merupakan jantung kurikulum artinya berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kegiatan proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik. Pendidik sebagai pembimbing peserta didik dalam belajar di kelas harus mampu menguasai dan mengolah proses pembelajaran agar menjadi efektif.

Keberhasilan dari proses belajar di kelas ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran serta prestasi belajar yang optimal. Tetapi pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas masih ditemukan beberapa siswa yang minat belajarnya turun karena bosan atau jenuh. Hal ini juga dirasakan pada peserta didik SMP Negeri 2 Pegandon.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Mapel, Wali Kelas, dan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pegandon saat proses pembelajaran berlangsung masih terdapat beberapa peserta didik yang bosan/jenuh mengikuti pembelajaran, seperti: peserta didik yang mengobrol dengan teman sebangku, tidak memperhatikan guru saat dijelaskan, tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas, mengantuk, sering ijin ke belakang, jika ditanya masih malu dan ragu-ragu untuk menjawab. Hal ini terjadi karena ada dua faktor, baik dari peserta didik atau pendidiknya. Mulai dari mata pelajaran yang tidak disukai hingga penyampaian materi yang terkesan monoton.

Baca juga:  Menulis Recount Text dengan Project Based Learning dalam Diary

Dengan demikian, seorang guru harus menjadi motivasi bagi diri dan peserta didiknya dengan memberikan suguhan model dan materi pembelajaran secara aktif salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran ice breaking didalam pembelajaran. Ice breaking diartikan sebagai usaha untuk memecahkan atau mencairkan suasana yang kaku seperti es agar menjadi lebih nyaman mengalir dan santai agar materi-materi yang disampaikan dapat diterima (Nida, 2011).

Menurut Dryden dan Vos (2000) belajar akan efektif bila proses pembelajaran dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan (joyfull learning). Ada beberapa hal yang mendukung efektivitas hasil belajar peserta didik diantaranya peserta didik belajar dalam kondisi senang, guru menggunakan berbagai fariasi metode dan teknik, menggunakan media belajar menarik dan menantang, penyesuaian dengan konteks, pola induktif, dan peserta didik sebagai subjek dalam pembelajaran.

Baca juga:  Mix and Match Metode Pembelajaran Sesuai Karakteristik Peserta Didik

Tujuan dilaksanakan ice breaking ini adalah: Terciptanya kondisi-kondisi yang equal (setara) antara sesama peserta dalam forum pembelajaran. Menghilangkan sekat-sekat pembatas diantara peserta. Terciptanya kondisi yang dinamis diantara peserta. Menimbulkan kegairahan (motivasi) antara sesama peserta untuk melakukan aktivitas selama pembelajaran berlangsung.

Cara menerapkan model pembelajaran ice breaking didalam pembelajaran, yaitu dapat secara integratif atau secara khusus diberikan pada saat pembukaan, disela atau jeda dalam proses pembelajaran atau akhir pembelajaran yang dirasakan perlu diterapkan saat peserta didik sudah mulai merasa bosan/jenuh untuk merangsang peserta didik menjadi lebih aktif, bersemangat, dan menyenangkan.

Beberapa contoh dari permainan ice breaking dalam pembelajaran yang bisa dilakukan para guru dengan peserta didiknya, yaitu memberi salam, perkenalan, uji kesigapan dan konsentrasi siswa. Contoh ice breaking melatih konsentrasi, yaitu ice breaking bermain tebak kata, bermain kata berkait, bermain menyebut 3 nama binatang dan lain sebainya.

Baca juga:  Belajar IPS Sejarah dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Learning

Dengan melakukan aktivitas ice breaking di dalam kelas dapat menghilangkan kebosanan, kejenuhan, ketegangan, dan rasa mengantuk karena bisa keluar sementara dari rutinitas pelajaran dengan melakukan gerak bebas, dan ceria. Oleh karena itu sangatlah jelas bahwa ice breaking dapat menjadi alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran agar tidak monoton dan tidak membosankan peserta didik. (tt1/zal)

Guru SMPN 2 Pegandon, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya