alexametrics

Model Pembelajaran Berbasis Proyek Tingkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita

Oleh : Didik Kurniawan, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menulis sangat penting bagi pendidikan karena menulis merupakan aktivitas komunikasi penyampaian informasi secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan tulisan sebagai medianya. Keterampilan menulis menuntut penguasaan peserta didik terhadap unsur kebahasaan dan unsur-unsur di luar kebahasaan yang akan menjadi isi karangan yang ditulis.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 2 Blado. diperoleh hasil bahwa keterampilan menulis teks berita masih rendah. Peserta didik masih mengalami kesulitan untuk menyusun teks yang sesuai dengan isi, tema yang dipilih, menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan, menyusun paragraf yang runtut dan padu, memilih dan menggunakan kata yang tepat, menyusun kalimat efektif dan menggunakan ejaan yang tepat.

Project Based Learning adalah sebuah pembelajaran dengan aktivitas jangka panjang yang melibatkan peserta didik dalam merancang, membuat, dan menampilkan produk untuk mengatasi permasalahan dunia nyata (Sani, 2014: 172). Melalui model pembelajaran ini materi pembelajaran menulis dikaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari yang bersifat faktual. Permasalahan diambil yang bersifat luas dan penting serta berkaitan dengan disiplin ilmu lain.

Baca juga:  Mengenal Buku Fiksi dan Nonfiksi di Perpustakaan Sekolah

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Blado dengan menggunakan media visual pada Kompetisi Dasar (KD. 4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik dan kinesik).

Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis proyek dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut; (1) Guru melakukan apersepsi tentang pelajaran minggu lalu. (2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (3) Siswa diberikan arahan oleh guru. (4) Guru bertanya jawab dengan siswa tentang teks berita yang baik sesuai dengan struktur berita. (5) Guru bertanya jawab dengan siswa tentang manfaat teks berita dalam kehidupan sehari-hari. (6) Guru memberikan sebuah contoh berita melalui surat kabar harian. (7) Guru membimbing setiap individu membuat teks berita. (8) Guru mempersilakan siswa untuk mempresentasikan teks yang dibuat. (9) Guru mengadakan post tes. Berdasarkan nilai hasil evaluasi dan hasil observasi pada saat pembelajaran, penguasaan keterampilan menulis teks berita masih belum mecapai 75% dari jumlah siswa sehingga pembelajaran perlu diperbaiki dan disempurnakan pada siklus 2.

Baca juga:  Demokrasi Menyenangkan melalui Roleplay Education

Dari hasil pada siklus I, guru akan memperbaiki kelemahan- kelemahan yang ditemukan. Guru membuat perencanaan dalam mengajar pada siklus II yaitu berupa pemberian tugas dengan memperhitungkan alokasi waktu yang ada. Selain itu, guru lebih memotivasi siswa agar mereka dapat berperan aktif dalam berdiskusi dengan rekan-rekannya dalam kelompok. Guru juga akan menjelaskan ulang langkah-langkah membuat teks berita.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran siklus II sebagai berikut. (1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. (2) Guru mengulang materi pembelajaran tentang langkah-langkah membuat teks berita dan menjelaskan kesalahan yang dilakukan siswa pada siklus I. (3) Guru mengecek hasil produk setiap kelompok dan mengarahkan siswa untuk mempresentasikan karyanya masing-masing. (4) Guru dan siswa mengambil simpulan dari hasil diskusi. (5) Guru memberikan penegasan dari tiap kelompok yang tampil. (6) Guru memberikan post tes serta memberi skor atas proyek masing- masing siswa.

Baca juga:  Antisipasi Kurikulum Prototipe dengan Pembelajaran Berbasis Proyek

Berdasarkan hasil analisis data dari siklus II ini terjadi peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan tingkat penguasaan keterampilan menulis teks berita telah mencapai 85% dari 27 siswa, maka dapat ditarik kesimpulan penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil pembelajaran melalui Model Project Based Learning (PjBL) kompetensi menulis pada siswa. (bat1/ton)

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Blado, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya