alexametrics

Cara Efektif Ajak Siswa Menyukai Tugas dari Guru

Oleh : Dwi Sari Ardiyani S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MEMBERIKAN tugas sekolah adalah salah satu kewajiban guru dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar saat siswa di rumah. Karena dengan pemberian tugas sekolah, bisa membangun kreativitas dan inisiatif siswa.

Menurut Moekijat (1998) tugas adalah suatu bagian atau satu unsur atau satu komponen dari suatu jabatan. Tugas adalah gabungan dari dua unsur (elemen) atau lebih sehingga menjadi suatu kegiatan yang lengkap. Memberikan tugas sekolah adalah salah satu metode dalam mengajar siswa. Melalui tugas sekolah yang diberikan, siswa akan menjadi lebih disiplin untuk belajar secara mandiri. Dengan adanya tugas sekolah akan meningkatkan ketertarikan serta kepercayaan dalam diri siswa. Apresiasi dan komentar positif yang diberikan guru kepada siswa setelah mereka menyelesaikan tugasnya dengan baik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Menurut Atkinson (1994) manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya. Oleh karena itu, dengan diberikannya tugas sekolah ini, siswa diharapkan dapat membagi antara waktu belajar dan bermain sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas sekolahnya sesuai dengan jadwal yang telah mereka buat sendiri.

Baca juga:  Cerita Gambar Seri, Menulis Cerita Narasi Lebih Asyik dan Bermakna

Di samping itu, siswa juga dapat belajar untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri. Mereka harus bisa mengatur waktu serta menyelesaikan tugas sekolah secara mandiri. Dalam hal ini, tugas sekolah juga dapat mendorong kedisiplinan siswa. Namun, pemberian tugas juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas siswa, pemberian tugas yang berlebihan atau terlalu banyak juga tidak baik untuk siswa karena tugas sekolah bukanlah suatu hukuman.

Pemberian tugas sekolah yang berlebihan justru akan menyebabkan siswa malas dan enggan untuk mengerjakannya terutama bagi siswa sekolah dasar. Seperti diketahui, sekolah dasar adalah tingkat sekolah kedua setelah melewati taman kanak–kanak. Pada saat memasuki sekolah dasar, siswa akan dikenalkan dengan tugas sekolah.

Baca juga:  Peningkatan Keterampilan Menyajikan Drama dengan Aplikasi TikTok

Oleh karena itu, guru harus memiliki cara efektif dalam memberikan tugas pada siswa sekolah dasar agar mereka dapat menyukai tugas yang diberikan oleh guru. Menurut Hidayat (1986) efektif adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas, dan waktu) telah tercapai.

Penulis menerapkan berbagai cara efektif dalam memberikan tugas kepada siswa kelas 2 SDN 1 Selabaya agar dapat menyukai tugas. Pertama, memberikan tugas secara bertahap kepada siswa, pemberian tugas sesuai dengan materi yang diberikan saat pembelajaran berujuan agar siswa semakin menguasai materi tersebut dan mereka paham dengan apa yang mereka kerjakan. Kedua, memberikan tugas sesuai dengan kemampuan dan kapasitas siswa. Guru dapat memberikan level kesulitan dan jumlah tugas yang tepat untuk diberikan kepada siswa agar siswa mampu menyelesaikan tugasnya tanpa kendala yang berarti.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Teks Nonfiksi dengan Metode Talking Stick

Ketiga, menghindari tugas yang monoton karena variasi juga diperlukan dalam pemberian tugas sekolah siswa agar mereka tidak jenuh dan cepat bosan. Keempat, berikan petunjuk penyelesaian tugas, karena masih banyak siswa yang kesulitan memahami tugas yang diberikan guru. Pastikan petunjuk penyelesaian tugas disampaikan bersamaan dengan tugas diberikan dan jika perlu bukalah sesi tanya jawab untuk siswa yang belum paham mengenai tugasnya.

Terakhir, perhatikan jadwal kegiatan belajar dan sesuaikan tugas dengan kalender pendidikan. Saat menjelang masa ujian sebaiknya jangan memberikan tugas terlalu banyak untuk siswa karena hanya akan menjadi beban untuk siswa. Bukannya belajar, waktu mereka justru akan tersita untuk mengerjakan tugas saja. (pb2/ida)

Guru SDN 1 Selabaya, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya