alexametrics

Meningkatkan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh Bahasa Indonesia dengan Schoology

Oleh: Bowo Riyanto

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh atau sering kita kenal dengan istilah PJJ merupakan salah satu cara untuk menggantikan pembelajaran tatap muka atau PTM. Michael Moore (2013) mengatakan PJJ sebagai bagian dari metode pembelajaran dimana perilaku mengajar dieksekusi terpisah dari perilaku belajar. Termasuk yang dilakukan di hadapan peserta didik, sehingga komunikasi antara guru dan pelajar harus difasilitasi dengan alat cetak, elektronik, mekanik, atau lainnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dengan menggunakan Schoology. Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Schoology tidak lepas dari jaringan internet. Koneksi jaringan internet menjadi salah satu kendala yang biasa dihadapi siswa dan guru, terlebih bagi siswa yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet.

Perlu disadari, ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti pembelajaran.

Peralihan metode pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada orang tua dan semua pihak bahwa mendidik anak ternyata tidak mudah. Mendidik anak diperlukan cara yang tepat, bukan sekadar menasihati. Dengan kejadian ini diharapkan orang tua dan guru harus menyadari dan mengetahui bagaimana cara membimbing anak-anak dalam belajar.

Baca juga:  Menganalisis Novel Semakin Asoi dengan SAC

Proses pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Ngluwar berlangsung sejak Maret 2020. Semua guru menggunakan aplikasi Schoology dalam melakukan pembelajaran daring. Schoology memiliki kelebihan dan kelemahan.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari pembelajaran menggunakan apikasi Schoology. Salah satunya adalah guru bisa meningkatkan keterampilan menggunakan teknologi informatika dan berinovasi atau berkreasi dalam melakukan pembelajaran. Sedangkan para siswa juga bisa berkreasi dalam menampilkan pekerjaan mereka dengan memanfaatkan fitur-fitur atau teknologi yang tersedia.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadi, selama ini masih ada anak yang terkesan kurang peduli dalam menanggapi materi dan tugas yang diberikan oleh guru dalam PJJ. Melalui Schoology inilah diharapkan siswa dapat memiliki semangat untuk giat belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberika oleh guru. Juga diharapkan siswa lebih mudah untuk mengakses semua materi dan tugas dari guru. Demikian juga bagi guru, dengan aplikasi ini diharapkan guru lebih meningkatkan mutu pembelajarannya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Kesebangunan dengan Video Pembelajaran

Meningkatkan mutu pembelajaran melalui Schoology bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam Schoology. Misalnya, kita bisa menambahkan rekaman-rekaman video, sehingga siswa bisa merasakan atau terkesan mengikuti pembelajaran secara langsung di kelas. Demikian juga siswa bisa mengunggah tugas-tugas dalam bentuk foto, rekaman suara, atau video. Mereka bisa berkarya atau berkreasi sesuai dengan bakat dan minat.

Dengan aplikasi Schoology ini kita bisa selangkah lebih maju untuk meningkatkan mutu pembelajaran jarak jauh. Hal itu tergantung dari cara atau pandangan kita dalam menyikapi dan melaksanakannya. Menanggapi siswa yang terkesan kurang peduli dalam mengerjakan tugas, kita bisa mengambil langkah untuk melakukan pendekatan dengan siswa tersebut. Misalnya, kita bisa berkomunikasi untuk menanyakan tugas yang belum dikerjakan atau dikumpulkan. Kita juga bisa memberikan pengarahan dan motivasi agar mereka lebih giat belajar, dan mengumpulkan tugas.

Baca juga:  Pemkab Magelang Tambah 61 Sekolah untuk PTM Tahap Tiga

Untuk meningkatkan mutu pelayanan, pendidik diwajibkan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa maupun dengan orang tua siswa. Hal itu diharapkan agar kendala-kendala atau masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran bisa diatasi atau diselesaikan dengan baik.

Guru mata pelajaran juga memiliki kewajiban untuk menanyakan atau membicarakan kepada orang tua tentang keadaan siswa berhubungan dengan PJJ pada aplikasi Schoology. Pendidik hendaknya selalu mengingatkan kepada orang tua agar bekerja sama dalam mendidik anaknya. Kerja sama sangat diperlukan karena akan memudahkan dalam mencapai keberhasilan.

Schoology diharapkan mampu menyumbang atau membawa pengaruh yang baik bagi pembelajaran jarak jauh sat ini. Guru, dan siswa diharapkan kesadarannya untuk mendukung pembelajaran yang baik, sehingga tercipta peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, PJJ sebagai solusi yang efektif dalam pembelajaran di rumah guna meningkatkan keterampilan menggunakan teknologi informasi, dan memutus mata rantai penyebaran virus. (ng1/lis)

Guru SMA Negeri 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya