alexametrics

Tingkatkan Aktivitas Belajar Matematika dengan Media Animasi

Oleh : Yana Arifanti S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ALHAMDULILLAH, pandemi semakin berlalu sehingga kegiatan pembelajaran sudah mulai berjalan dengan baik meskipun masih menggunakan pembelajaran terbatas. Di era pembelajaran terbatas seperti sekarang ini, semangat belajar peserta didik menurun semenjak dilaksanakannya daring. Dalam kondisi seperti ini, guru matematika dituntut memiliki ide—ide kreatif dan inovatif dalam mengemas proses pembelajaran agar peserta didik tetap semangat dakan meningkatkan semangat belajar matematikanya.

Upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran, menuntut adanya kerjasama yang baik antara pendidik dan peserta didik agar tercipta suasana belajar yang tidak membosankan. Maka sebagai guru harus berupaya membuat pembelajaran matematika ini tetap menyenangkan, salah satunya pembelajaran matematika dengan media animasi atau game matematika.

Sebagaimana yang telah penulis laksanakan pada pembelajaran di kelas IX semester genap SMP Negeri 3 Moga, Pemalang, Jawa Tengah. Khususnya Kompetensi Dasar 3.7 membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, bola), sehingga pembelajaran diharapkan menjadi menarik dan menyenangkan.

Baca juga:  Belajar Narrative Text dengan Metode Examples Non Examples

Menurut Hamalik (2009:179), aktivitas belajar merupakan kegiatan yang diakukan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Jadi aktivitas belajar adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebagai upaya untuk memahami materi yang diajarkan.

Sedangkan media animasi menurut Furoidah (2009) adalah media yang berisi kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan yang dilengkapi dengan audio sehingga terkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran.
Media animasi atau game matematika ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam belajar matematika sehingga akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Dengan demikian, tujuan pembelajaran akan tercapai.

Animasi atau game matematika adalah multimedia pembelajaran interaktif yang dapat membantu guru dalam menerangkan materi khususnya pada Kompetensi Dasar 3.7 kelas IX. Penyajian materi dalam animasi interaktif ini dilengkapi dengan gambar dan simulasi soal sesuai dengan materi pada KD 3.7 yang dikemas secara menarik sehingga secara tidak langsung mengajak peserta didik untuk aktif terlibat secara auditif dan visual.

Baca juga:  Belajar Matematika yang Menyenangkan dengan Metode Gasing

Adapun teks yang disajikan bersamaan dengan gambar akan mempermudah informasi yang diterima peserta didik tentang materi yang disampaikan. Dalam penggunaan media animasi interaktif ini didesain secara mandiri. Artinya animasi atau game matematika ini dilengkapi dengan cara penggunaan atau pengoperasiannya sehingga peserta didik dapat belajar menggunakan media ini dengan sendirinya tanpa bantuan guru atau orang lain.

Pembelajaran matematika dengan media animasi game matematika yang kami laksanakan pada pembelajaran KD 3.7 kelas IX di SMPN 3 Moga Pemalang ini mampu meningkatkan aktivitas belajar matematika. Peningkatan aktivitas belajar matematika ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran tercapai dan pastinya proses pembelajaranpun berjalan secara humanis dan menyenangkan pastinya. (nov2/ida)

Baca juga:  Supervisi Akademik dan Kunjungan Observasi (Supak Kunjob) Pembelajaran

Guru Matematika SMPN 3 Moga, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya