alexametrics

Mudah dan Menarik Writing Caption dengan Aplikasi Instagram

Oleh: Sumaryati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembelajaran bahasa Inggris ada empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu speaking, reading, listening dan writing. Biasanya, hal yang paling sulit dikuasai oleh siswa adalah writing atau menulis. Siswa merasa tidak bisa menulis karena bingung dengan apa yang mau ditulis dan bagaimana menulis yang baik.

Menurut (Dalman 2015:3), menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam tujuan, misalnya memberi tahu, meyakinkan, atau menghibur.

Materi kelas XII semester 1 membahas kompetensi dasar caption. Dalam pembelajaran caption ini membahas bagaimana memahami suatu gambar atau tulisan dan mengerti makna apa yang terkandung dalam gambar atau tulisan tersebut. Pada akhir kompetensi, guru akan memberikan tugas untuk menulis caption. Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya guru telah memberikan dasar-dasar teorinya yang meliputi pengertian, fungsi, struktur teks, unsur kebahasaan, jenis-jenis dan tata cara menulis caption yang baik.

Baca juga:  Belajar Vocabulary Mudah dengan Spin and Spell Easter Egg

Menurut dictionary.com, caption is “a little or explanation for a picture or illustration, as in magazine, newspaper or book” (Caption adalah sedikit atau penjelasan untuk gambar atau ilustrasi, seperti di majalah, koran atau buku.)

Menulis caption yang baik adalah gambar atau tulisan yang ditampilkan tersebut menarik. Caption yang ditulis sesuai dengan tema pada gambar dan pembaca dapat dengan mudah untuk mengerti makna apa yang ada dalam caption tersebut. Dalam hal ini siswa masih mengalami kesulitan bagaimana untuk menulis caption yang baik dan benar.

Siswa biasanya lebih menguasai sosial media, khususnya penggunaan instagram karena sebagian besar siswa mengaplikasikan instagram dalam kehidupan sehari-hari.

Guru memanfaatkan media instagram ini agar siswa dapat menulis caption dengan mudah, menarik dan memahami makna dalam caption tersebut. Ada delapan kelas yang diampu oleh guru mata pelajaran bahasa Inggris, dan masing-masing kelas diberikan topik/tema yang berbeda agar siwa-siswa dapat berkreasi sendiri.

Baca juga:  Optimalkan Hasil Belajar Teks Report dengan Media Flashcard

Masing-masing siswa di setiap kelasnya diberikan waktu dari mulai menentukan gambar apa yang sesuai dengan tema, membuat jenis caption-nya, membuat model tulisan yang semenarik mungkin dan mengupload di instagram masing-masing siswa dengan men-tag instagram guru mata pelajarannya. Gambar yang ditampilkan tersebut berupa foto asli masing-masing siswa yang menyesuaikan dengan tema yang dipilih. Selanjutnya guru tersebut dapat melihat dan mengoreksi serta memberikan penilaian sebagai tugas menulis caption.

Sebagai contoh, kelas pertama diberikan tema tentang pemandangan alam. Pertama, siswa berfoto dengan gaya yang menarik dengan latar belakang pemandangan alam tersebut. Foto kemudian diedit dan diberikan caption sesuai tema. Siswa diberi kebebasan untuk menggunakan/memilih 2 jenis caption yang mudah dan menarik bagi mereka dari 6 jenis caption yang telah dipelajari sebelumnya.

Baca juga:  Panauricon dalam Pembelajaran Speaking di SMPN 2 Susukan

Jenis-jenis caption tersebut antara lain identification bar (hanya menyebutkan siapa yang berada di gambar), cutline (menyebutkan siapa yang berada digambar dan apa yang dilakukannya), summary (berisi penjelasan lengkap tentang siapa yang berada digambar, apa yang dilakukan, kapan kejadiannya, dimana tempat terjadinya, dan kenapa hal tersebut dilakukan), expanded (memuat bagaimana kejadiannya dan kutipan), group identification (sama seperti jenis caption identification bar, hanya saja digunakan apabila gambar memuat lebih dari satu orang), dan quote (berisi kutipan perkataan seseorang yang berhubungan dengan gambar).

Selanjutnya tulisan tersebut diedit dengan model tulisan yang semenarik mungkin. Langkah terakhir, caption tersebut diupload di Instagram masing-masing siswa dan jangan lupa men-tag instagram guru mata pelajarannya. Dengan penggunaan instagram ini, menulis caption lebih mudah dan menarik dipraktikkan. (ng2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya