alexametrics

Blockly Game Tingkatkan Aktivitas Belajar Algoritma Pemrograman

Oleh : Kiswantoro, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, jutaan anak, remaja, dan orang dewasa telah menggunakan dan masuk di era digital.

Setiap anak harus memiliki kesempatan untuk belajar mengenai teknologi informasi dan komunikasi sejak dini. Bisa dimulai dari belajar dasar-dasar ilmu komputer melalui pemrograman. Dengan mempelajari dasar-dasar ilmu komputer diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berlogika, memecahkan masalah, serta meningkatkan kreativitas.

Dengan memulai belajar lebih awal, anak akan memiliki dasar yang kuat dalam banyak hal seperti berpikir, berlogika, berkreativitas, dan pemecahan masalah.

Kegiatan belajar mengajar kurang efektif apabila di dalamnya tidak dibarengi dengan adanya media sebagai pendukung proses kegiatan pembelajaran apalagi dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini. Karena media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan materi kepada siswa dan mempermudah dalam proses pembelajaran.

Baca juga:  Dico Lebih Menguasai Materi Debat Publik

Pembelajaran informatika secara umum dan khususnya SMP Negeri 3 Patebon dilakukan dalam laboratorium komputer. Proses pembelajarannya juga lebih banyak menggunakan komputer yang notabene setiap siswa menghadapi satu komputer. Hal tersebut membuat siswa kurang komunikasi dan cenderung individualis.

Sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton dan tidak menarik kalau selalu diterapkan berulang-ulang. Untuk itu diperlukan kreativitas dari seorang pendidik untuk membuat suasana pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah blockly game.

Berbicara tentang media pembelajaran, tentunya sangat banyak dan memungkinkan sekali untuk digunakan dalam kelas. Apalagi dalam model pembelajaran di Kurikulum 2013 siswa dituntut aktif. Baik dalam hal kognitif maupun psikomotoriknya. Lalu bagaimana supaya siswa dapat terlibat aktif dalam kegiatan belajar di kelas?

Sebagai guru informatika di SMP Negeri 3 Patebon penulis berinisiatif mencoba menggunakan media blockly game dalam pembelajaran khususnya untuk materi algoritma pemrograman di kelas pada mata pelajaran informatika karena banyak sekali kelebihannya walaupun ada juga kelemahannya.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh Membaca Puisi untuk Kelas II

Menurut Michael Resnick, Associates Developer Scratch Jr. di MIT mengode adalah cara lain bercerita. Anak-anak dapat “menghidupkan karakter mereka dalam cerita” lewat kegiatan ini.

Marina Umaschi Bers, co-developer Kibo dan Scratch Jr mengatakan bahwa saat mengode, anak-anak bisa mengembangkan keterampilan matematika dasar dan logika suara. Semua dilakukan bersamaan dengan saat mereka mempelajari dasar-dasar pemrograman.

Blockly game memiliki beberapa kelebihan antara lain, dapat didownload secara gratis, mudah dipelajari, melatih penalaran, membentuk keterampilan pada anak. Dan sesuai dengan kognitif anak, dari mudah ke sulit.

Setelah menggunakan media blockly game, siswa SMP Negeri 3 Patebon dalam pembelajaran informatika khususnya materi algoritma pemrograman, tanggapannya sangat antusias dan lebih aktif jika dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Karena media tersebut lebih interaktif sehingga banyak melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajarannya.

Baca juga:  Tergiur Bansos, Kades Tambahsari Nekat Korupsi Dana Desa

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan penggunaan media blockly game dalam pembelajaran informatika pada khususnya. Manfaat tersebut terutama kaitannya dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Menurut Arsyad (2011), penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar memiliki beberapa manfaat, di antaranya dapat memperjelas penyajian pesan, dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra serta pembelajaran berjalan secara aktif dan interaktif.

Jadi kesimpulannya, blockly game sangat membantu dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran informatika khususnya dan SMP Negeri 3 Patebon secara umum. (ump1/lis)

Guru Informatika SMP Negeri 3 Patebon, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya