alexametrics

Manejerial Kepala Sekolah Tingkatkan Mutu Pendidikan

Oleh : Siti Sakdiyah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan merupakan kunci bagi pembangunan suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa bergantung pada keberhasilan pendidikannya dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas bagi pembangunan. Sementara itu, keberhasilan dunia pendidikan dalam menciptakan SDM berkualitas tidak hanya bergantung pada seberapa banyak ilmu pengetahuan yang diajarkan kepada peserta didik, tetapi juga keterampilan profesional yang dilatihkan dan dididikkan kepada siswa.

Keberhasilan lembaga pendidikan di institusi dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek. Salah satu adalah aspek kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam membangun pendidikan di institusi yang dipimpinnya.

Keberadaan kepala sekolah sebagai penggerak utama roda pendidikan di suatu sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional menuntut suatu profesionalisme dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Dengan kata lain kualitas kepemimpinan kepala sekolah sangat menentukan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya. Sehubungan dengan hal tersebut, Supriadi sebagaimana dikutip Mulyasa berpendapat, “Erat hubungannya antara mutu kepala sekolah dengan berbagai aspek kehidupan sekolah seperti disiplin sekolah, iklim budaya sekolah dan menurunnya perilaku nakal peserta didik.”

Baca juga:  Whatsapp Group Media Familier dalam Pembelajaran IPS

Sekolah yang dikelola dengan baik dari segi pembelajaran sumber daya manusia yaitu pendidik dan manajerialnya, maka akan menghasilkan output yang berkualitas yang mampu bersaing dalam zaman ini.

Pengelolaan manajemen sekolah yang kurang, akan membuat sekolah tersebut tidak maju dan tidak akan mampu bersaing dengan sekolah yang lain.

Hal ini juga terjadi di SDN 2 Sendangdawung Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal. Sebagai kepala sekolah baru, berupaya keras untuk memperbaiki semuanya. Manajerial kepala sekolah harus diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Perangkat sekolah mulai dikelola dengan baik. Guru sebagai pengelola pembelajaran juga diberikan motivasi lebih.

Dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah, kepala sekolah mempunyai tugas dan peran-peran yang harus dijalankan. Sagala (2010: 88) mengemukakan, “Kepala sekolah adalah orang yang diberi tugas dan tanggung jawab mengelolah sekolah, menghimpun, memanfaatkan, dan menggerakkan seluruh potensi sekolah secara optimal untuk mencapai tujuan.”

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar Dzikir dan Doa secara Parodi

Kepala sekolah merupakan guru yang diberikan tugas sebagai kepala atau pimpinan sekolah. Maka, kepala sekolah juga memiliki tugas untuk mendidik. Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kepala sekolah sebagai pendidik (educator) yaitu melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler untuk siswa, menyusun program pembelajaran, melaksanakan program pembelajaran melakukan evaluasi pembelajaran, melakukan pembinaan siswa, dan memberikan layanan konseling pada siswa (Kemendiknas, 2011: 7-10).

Selain itu kepala sekolah harus berusaha menjadi penengah dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh tenaga kependidikan yang menjadi bawahannya, serta berusaha untuk mengambil peputusan yang memuaskan bagi semua (Mulyasa, 2013).

Langkah-langkah managerial kepala SDN 2 Sendangdawung Kecamatan Kangkung dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah sebagai berikut: kepala sekolah melakukan rapat untuk merencanakaan program tahunan. Hasil dari rapat akan disosialisasikan kepada guru, orang tua dan komite sekolah. Program kerja kepala sekolah dalam satu tahun yaitu mengikutsertakan guru-guru pada setiap kegiatan diklat, penataran-penataran guna mendukung peningkatan profesional guru.

Baca juga:  Bupati Kendal dan Istri Isoman di Rumah Kontrakan

Mengikutsertakan siswa dalam setiap perlombaan di bidang keagamaan, olah raga seni, kepramukaan dan olimpiade di tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Meningkatkan kehadiran guru dan siswa dari 90 persen meningkat kehadiran guru dan siswa hingga 100 persen. Mengusahakan kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran, buku-buku, lapangan sekolah yang bisa dijadikan sebagai tempat praktik bagi materi yang membutuhkan pelaksanaan praktik.

Setelah kepala sekolah mengelola manajerial dengan baik, semua berubah. Prestasi sekolah dalam setiap kegiatan lomba mulai menampakkan hasil. Hasil belajar siswa semakin meningkat, pembelajaran di sekolah kian menyenangkan dan siswa bersemangat dalam pembelajaran. (kd/lis)

Kepala SDN 2 Sendangdawung, Kec. Kangkung, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya