alexametrics

Asyiknya Belajar Materi Katabolisme dengan Mnemonik Akrostik

Oleh : One Fase Kurniawan, S.P.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran biologi di SMA menekankan fenomena alam dan penerapannya meliputi beberapa aspek. Yakni hakikat biologi, organisasi seluler dan proses tumbuhan, metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada salingtemas.

KD.3.2 pada kelas XII MIPA adalah Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup dengan materi enzim, katabolisme dan anabolisme.

Materi katabolisme atau respirasi berdasarkan hasil analisis ulangan dari tahun sebelumnya dan wawancara dengan peserta didik dianggap sebagai materi dengan kompleksitas yang tinggi. Karena mempelajari berbagai tahap respirasi yang melibatkan banyak reaksi kimia dan enzim dalam reaksi tersebut.

Baca juga:  Belajar Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Menyenangkan dengan GoeGebra

Untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada materi tersebut diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik dan mempermudah peserta didik untuk mengingat materi. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Untuk memecahkan kendala pembelajaran materi metabolisme tersebut, pembelajaran di SMA Negeri 3 Pemalang kelas XII MIPA dilakukan dengan metode Mnemonik dengan jenis Akrostik. Mnemonik adalah teknik menghafalkan sesuatu dengan menggunakan bantuan. Bantuan bisa berupa singkatan, pengandaian dengan benda, atau linking (mengingat sesuatu berdasarkan hubungan dengan suatu hal lain).

Terdapat tiga prinsip dasar ketika menggunakan mnemonic. Yakni imajinasi, asosiasi, dan lokasi (Nisfa.2012). Macam Mnemonik menurut Azizah (2015) adalah Teknik Loci, Kata Kunci, Kata Penghubung, Akronim dan Akrostik (Jembatan Keledai. ). Manfaat penggunaan mnemonic, memudahkan mengingat dan memudahkan belajar. Hambatan belajar akan hilang. Hal ini akan membangkitkan motivasi peserta didik untuk lebih giat belajar. Sehingga akhirnya dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Baca juga:  Belajar Volume Tabung dengan Strategi Inkuiri Multimedia

Tahapan sebelum pembelajaran menyiapkan RPP, lembar kegiatan peserta didik yang memuat Mnemonik, bahan ajar yang menerapkan Mnemonik, dan Instrumen soal test.

Materi katabolisme ( respirasi sel) disusun jembatan keledai seperti berikut : Empat tahap respirasi terdiri dari glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs dan rantai electron ( DeSiRaE), hasil glikolisis 2 asam piruvat, 2 ATP, 2 NADH ( 2AAN), hasil Dekarboksilasi oksidatif 2 CO2, 2 asetil Ko-A, 2 NADH ( Two CAN), senyawa dalam siklus Krebs Sitrat, Isositrat, Ketoglutarat, Suksinil, suksinat, Fumarat, Malat, Oksaloasetat (Si Iso Ke Su Nat Fu Ma Oke) dan hasilnya 4 CO2, 2 FADH, 6 NADH (4Cabe 2FantA 6 Nanas).

Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran berlangsung penuh semangat. Peserta didik sangat aktif mengulang setiap akronim yang disampaikan guru. Setelah kegiatan pembelajaran hasilnya pemahaman dan antusias peserta didik dalam belajar mengalami peningkatan. (wa1/fth)

Baca juga:  Metode Speak Up Reporter dalam Pembelajaran New Item

Guru SMA Negeri 3 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya