alexametrics

Identifikasi Menu dan Ikon Pada Microsoft Word dengan Menggunakan Snipping Tool

Oleh: Tri Uswatun Chasanah, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Snipping tool adalah software yang digunakan untuk mengambil gambar-gambar dari layar monitor PC. Biasanya snipping tool ini sudah ada di windows jadi tinggal kita pakai dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Tool ini dapat mengambil screenshot dari jendela yang terbuka, daerah persegi panjang, daerah-bentuk bebas, atau seluruh layar.

Snipping Tool memungkinkan untuk mengedit gambar dasar dari snapshot, dengan pena yang berbeda warna. Materi Bimbingan TIK kelas VII semester 1 di SMP Negeri 9 Batang yaitu perangkat lunak pengolah kata. Perangkat lunak pengolah kata yang digunakan adalah Microsoft Word. Model pembelajaran bimbingan TIK dengan praktik langsung di Laboratorium TIK dengan menggunakan media komputer.

Pada kompetensi dasar materi mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word terdapat banyak sekali menu dan ikon yang harus diketahui dan dipahami oleh peserta didik. Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan rupa sebagaimana yang dikenali oleh pemakainya (Budiman, 2004: 29).

Baca juga:  Peningkatan Ketrampilan Speaking dengan Lagu dan Film

Karena banyaknya ikon dan menu yang ada dan nama ikon tersebut menggunakan Bahasa inggris pada tampilan Microsoft Word menjadikan peserta didik mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi ikon-ikon tersebut, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat dan menarik yang mampu memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami materi tersebut.

Metode ceramah yang selama ini digunakan dalam penyampaian materi mengidentifikasi menu dan ikon Microsoft Word dirasa tidak terlalu efektif. Karena kebanyakan peserta didik merasa jenuh dan pasif hal ini disebabkan penyampaian materi yang monoton oleh guru. Peserta didik hanya mendengarkan saja. Guru masih menggunakan pembelajaran satu arah dimana guru lebih berperan aktif dibandingkan dengan peserta didik.

Bimbingan TIK menggunakan komputer sebagai media dalam pembelajaran sehingga pelaksanaan bimbingan TIK identik dengan parktik. Peserta didik akan merasa lebih tertarik dan antusias Ketika mengidentifikasi menu dan ikon pada Microsoft Word dilakukan dengan praktik langsung dengan komputer dan peserta didik berperan aktif Ketika pembelajaran berlangsung.

Baca juga:  Memilih Aplikasi Pertemuan Online

Dalam hal ini dapat diterapkan dengan pembelajaran menggunakan snipping tool. Model ini mirip dengan metode pembelajaran baca gunting tempel hanya saja alat yang digunakan berupa tool yang sudah ada pada komputer.

Adapun langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menggunakan snipping tool adalah 1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) Guru membuat kelompok belajar yang terdiri dari 3-4 siswa. 3) Guru memberikan lembar kerja peserta didik. 4) Peserta didik mengerjakan tugas kelompok tapi tetap ada pembagian tugas secara individu, setiap peserta didik mengelompokkan ikon pada Microsoft Word sesuai dengan tab menu dan grup masing-masing dengan memotong gambar ikon dan menempelkankan pada lembar kerja Microsoft Word dengan menggunakan snipping tool.

Baca juga:  Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Wish, Hope And Congratulation

5) Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya. 6) Guru mengarahkan kepada peserta didik yang belum bisa menggunakan snipping tool untuk bisa meminta bantuan kepada teman yang lain (dalam 1 kelompok untuk memberitahu caranya/mengajari dalam menggunakan snipping tool. 7) Tiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya secara bergantian. 8) Di akhir pembelajaran guru membuat kesimpulan dan rangkuman secara bersama dengan peserta didik dan juga guru memberikan penguatan Kembali tentang materi yang telah dipelajari.

Dengan Ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi ikon kelas VIII di SMP Negeri 9 Batang dapat: 1) Meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. 2) Peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. 3) Peserta didik bisa saling bekerja sama dan merasa senang selama pembelajaran berlangsung. (bat1/aro)

Guru TIK SMP Negeri 9 Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya