alexametrics

Tugas Mandiri Lebih Asyik dengan Aplikasi Quizizz

Oleh : Urip Waluyo, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Membangkitkan semangat belajar siswa merupakan tantangan bagi guru di masa pandemi covid-19. Minat belajar siswa mengalami penurunan drastis disebabkan terlalu lama belajar di rumah sehingga membuat sebagian siswa nyaman untuk tidak belajar. Motivasi belajar siswa rendah disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Tak terbantahkan lagi bahwa siswa lebih akrab dengan penggunaan handphone, waktunya lebih banyak untuk bermedia sosial atau bermain game sehingga terabaikan tugas utama belajar.

Gambaran tersebut di atas merupakan kondisi siswa kelas 6 SDN Tambakaji 05 Semarang. Nilai hasil belajar Tema 6 Semester 2 Tahun Pelajaran 2021 – 2022 di bawah KKM terutama pada nilai tugas secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut penulis berupaya melakukan inovasi pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan penggunaan handphone dalam kegiatan yang positif. Salah satunya untuk pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan aplikasi Quizizz.

Baca juga:  Seesaw Tingkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Pemanasan Global

Game Quiziiz adalah aplikasi Pendidikan berbasis game yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan membuatnya di kelas interaktif dan menyenangkan (Purba, 2019 : 5). Permainan Quizizz dapat membantu mendorong motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar. hal tersebut sejalan dengan pendapat Dewi, C.K (2018 : 43) yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis permainan mempunyai potensi yang baik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif karena dapat merangsang komponen visual dan verbal.

Pemilihan aplikasi Quizizz karena sifatnya yang naratif dan fleksibel bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi maupun sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Quizizz juga dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena media pembelajaran online berisikan game (kuiz interaktif), serta Quizizz juga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar seperti Latihan soal, Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), penguatan materi, remidial, dan pengayaan.

Baca juga:  Belajar Klasifikasi Tumbuhan dengan Kartum

Dalam Quizizz peran guru selain memberikan tugas ke siswa juga sebagai admin, melalui smartphone ataupun laptop guru dapat memantau siswa yang sudah login dan dapat mengetahui secara langsung hasil dari tugas mandiri. Begitu juga dengan siswa pada saat mengerjakan tugas mandiri soal evaluasi apabila dalam menjawab soal ada yang salah siswa langsung dapat mengetahuinya.

Setelah semua siswa selesai mengerjakan tugas mandiri guru dapat langsung memberikan pengayaan atau remidi. Hal ini merupakan salah satu dari layanan belajar tuntas yang diberikan kepada siswa, yakni bagi siswa yang lamban kemampuan belajarnya akan diberikan remidial sedangkan bagi siswa yang sedang dalam kemampuan belajarnya diberikan pengayaan.

Keunggulan Quizizz antara lain dalam mengerjakan kuis setiap siswa mendapat daftar pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk homework /PR sehingga daftar soalnya diacak, soal yang muncul berbeda – beda sehingga meminimalkan kecurangan siswa mencontek.

Baca juga:  Layanan Konseling Individu Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Sedangkan kelemahan siswa bisa jadi akan turun peringkat walaupun sudah mengerjakan / menjawab semua soal yang ditanyakan, hal ini disebabkan lama cepatnya pekerjaan berpengaruh terhadap hasil yang didapat. Jaringan atau internet yang sewaktu – waktu bermasalah juga menjadi kendala dalam mengerjakan tugas.

Dengan aplikasi Quizizz memanfaatkan penggunaan handphone yang positif, meningkatkan semangat belajar dan keaktifan siswa dalam menyelesaikan tugs mandiri, siswa lebih antusias ketika menerima tugas baru, partisipasi jumlah yang mengerjakan mengalami peningkatan serta selesai tepat waktu sehingga berdampak meningkatnya nilai KKM Tema 6 Semester 2 kelas 6 SDN Tambakaji 05 Semarang Tahun Pelajaran 2021 – 2022. (nov1/ton)

Guru SDN Tambakaji 05 Ngaliyan Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya