alexametrics

Role Playing Tingkatkan Pemahaman Siswa Materi Ekosistem

Oleh : Yaminah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pemahaman konsep sangatlah penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran terutama IPA dapat dicapai jika peserta didik dapat memahami konsep IPA yang benar serta siap menghadapi kehidupan dunia nyata.

Meskipun materi tentang Ekosistem termasuk materi yang mudah dalam IPA, namun di SMP Negeri 2 Kledung masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membedakan istilah-istilah seperti individu, populasi, komunitas dan ekosistem. Hal ini dapat terlihat dari hasil evaluasi yang menunjukan masih banyaknya peserta didik yang nilainya belum tuntas.

Di samping itu materi pembelajaran IPA untuk sebagian besar peserta didik merupakan pelajaran yang menjenuhkan dan membosankan apalagi penyampaianya hanya sekedar ceramah dan latihan soal, sehingga seorang guru perlu untuk mengubah pola pikir peserta didik dan mampu mengubah pembelajaran yang semula tidak menarik menjadi menarik.

Baca juga:  Pembelajaran Daring IPA Lebih Bermakna dengan Project Based Learning

Salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah dengan metode bermain peran (role playing). Bermain peran merupakan suatu cara penguasaan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan.Penghayatan dan pengembangan imajinasi yang dilakukan siswa dengan memerankan diri sebagai tokoh hidup atau benda mati (Huda, 2013 : 208).

Dalam belajar aktif peserta didik diharapkan melakukan sesuatu, mengerjakan latihan, tugas dan aktifitas lainnya yang akan membentuk pengalaman belajar peserta didik. Wardani (2000) menyatakan bahwa jika materi yang disajikan adalah materi baru, adalah wajar jika aktivitas belajar dimulai dengan menyajikan informasi. Penyajian informasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, tidak harus selalu berbentuk teks deskriptif yang harus dibaca siswa, tetapi dapat juga dalam bentuk permainan, peragaan, pemutaran video dan bentuk lain yang variatif.

Baca juga:  Tak Ada Kata Malas Belajar IPA dengan Model Cooperative Script

Sementara itu, jika materi yang diberikan kepada siswa adalah materi lanjutan yang sudah pernah dibahas sebelumnya, maka aktivitas pendalaman materi dalam bentuk diskusi kelompok menggunakan LKS akan lebih tepat. Tujuan utama dari aktivitas lanjutan ini adalah untuk memantapkan kemampuan siswa.

Langkah –langkah dalam penerapan metode role playing pada materi Ekosistem adalah sebagai berikut. Pertama, peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing peserta didik dalam kelompok ada yang berperan sebagai tempat hidup (sungai, laut, hutan, sawah, aquarium) dan ada yang berperan sebagai mahluk hidup (ikan, kelinci, harimau dll). Selanjutnya setiap kelompok melakukan diskusi dengan menjawab Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan menentukan pembagian peran saat harus bertindak sebagai individu atau populasi dan dimana mereka harus hidup.

Kegiatan selanjutnya adalah presentasi dari peran masing-masing peserta didik dengan maju di depan kelas saat guru memberikan perintah untuk berkumpul sesuai dengan peran masing-masing. Pada kegiatan ini peserta didik harus fokus dengan perintah yang diberikan sehingga mereka dapat menempatkan diri dengan benar. Sedangkan peserta didik yang lain yang tidak berkumpul dapat mengoreksi teman yang berkumpul apakah sudah sesuai dengan peranya baik sebagai individu, populasi, komunitas maupun ekosistem.

Baca juga:  Belajar Tata Surya dengan Pendekatan Kontruktivisme Lebih Imajinatif

Berdasarkan pengalaman penulis pada kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 2 Kledung materi Ekosistem di kelas VII semester 2 dengan menggunakan metode Role Playing ini peserta didik lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Disamping itu pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan serta peserta didik lebih memahami materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA terutama materi ekosistem. (nov1/ton)

Guru IPA SMP N 2 Kledung Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya