alexametrics

Pembelajaran Siklus Hidup dengan Power Point Lebih Efektif

Oleh : Mufarikhah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DAUR hidup merupakan rangkaian penahapan yang dilalui oleh makhluk hidup, dari masa remaja hingga dewasa. Kalau tumbuhan bisa sampai terjadinya spora. Daur hidup itu disebut juga siklus hidup. Kehidupannya mengalami tahapan perkembangan dan perubahan untuk membentuk sebuah siklus hidup.

Adanya proses selangkah demi selangkah tersebut, menjadikan perubahan yang maksimal. Begitu pula dengan perubahan dalam proses belajar. Guru di dalam memberikan pembelajaran butuh yang namanya proses dan tahap demi tahap untuk mengubah siswa menjadi siswa yang memiliki semangat, jiwa, dan pola pikir yang maju serta menjadikan siswa cerdas. Nantinya bisa menjadi kebanggaan dan penerus bangsa yang berkompetensi di kemudian hari.

Siklus hidup merupakan pembelajaran kelas IV yang cukup menyenangkan bagi siswa. Karena dengan mempelajari siklus hidup, siswa semakin tahu proses tahapan perubahan yang dialami makhluk hidup. Dimana siswa mengetahui masa perkembangan dari lahir sampai dewasa. Dengan model pembelajaran power point, menjadi media yang sangat menarik bagi siswa dalam mempelajari siklus hidup.

Baca juga:  Cycle Learning pada Pembelajaran IPS

Pembelajaran mengenai siklus hidup dengan memakai power point sangat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Apalagi dengan pembelajaran tatap muka (PTM) yang singkat hanya 2 jam, karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Terutama untuk memberikan materi tentang siklus hidup mengenai perubahan bentuk pada makhluk hidup, perubahan bentuk atau yang disebut dengan metamorfosis.
Metamorfosis sendiri merupakan tahapan perubahan bentuk tubuh yang harus dilewati oleh hewan–hewan tertentu. Contohnya pada hewan kupu–kupu dan katak merupakan metamorfosis sempurna.

Metamorfosis sempurna adalah metamorfois yang dalam perkembangannya menuju dewasa mengalami perubahan bentuk tubuh, penampilan, dan perilaku yang berbeda. Perubahan bentuk yang berbeda ini dimulai dari fase telur. Setelah fase telur dilewati, menuju larva, kemudian fase pupa, fase terakhir dari metmorfosis sempurna adalah fase imago atau dewasa.

Baca juga:  Google Classroom Solusi di Masa Pandemi

Selain itu, metamorfosis juga ada yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu metamorfosis yang dalam perkembanganya menuju dewasa mengalami perubahan bentuk tubuh, serta penampilan dan perilaku yang hampir sama atau tidak jauh berbeda.

Tahapan pada fase metamorfosis tidak sempurna dimulai dari hewan bertelur, nimfa. Kemudian nimfa akan tumbuh menjadi dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah kecoa, capung, dan kepik.

Dengan memakai power point, siswa semakin tahu dan paham mengenai pembelajaran siklus hidup. Tentu, siswa sangat senang dan menjadi betah dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, banyak gambar yang menarik di dalam power point, seperti animasi hidup. Selain itu, siswa bisa lebih memperhatikan guru dan fokus. Siswa juga bisa menggambarkan siklus hidup perubahan hewan serta bisa menjawab soal mengenai siklus hidup dengan baik.

Baca juga:  Supervisi Kepala Sekolah Tingkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran

Media dengan power point sangat membantu Guru dan dan siswa untuk belajar. Sanaky (2013:5) menyebutkan, tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas, meningkatkan efisiensi proses pembelajaran, menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar, dan membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran. (rn2/ida)

Guru SD Negeri 02 Serang, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya