alexametrics

Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Seorang Pemimpin

Oleh : Siti Munawaroh S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEPALA sekolah berperan sebagai pemimpin di sekolahnya dan bertanggung jawab serta memimpin proses pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan profesionalisme guru, karyawan, peningkatan mutu sumber daya manusianya, dan semua yang berhubungan dengan sekolah di bawah naungan kepemimpinan kepala sekolah.

Menurut Permendiknas nomor 28 tahun 2010 pasal 12 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, bahwa kepala sekolah adalah seorang guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah madrasah yang kinerjanya dinilai secara kumulatif selama 4 tahun dan menjadi dasar promosi maupun demosi.

Kepala sekolah mempunyai sepuluh macam peranan, yaitu sebagai pelaksana, perencana, seorang ahli, mengawasi hubungan antara anggota-anggota, mewakili kelompok, bertindak sebagai pemberi ganjaran, bertindak sebagai wasit, pemegang tanggung jawab, sebagai seorang pencipta, dan sebagai seorang ayah (Purwanto, 2004:65).

Apakah tanggung jawab kepala sekolah sebagai seorang pemimpin? Seperti yang dikemukakan oleh bapak pendidikan “Ki Hadjar Dewantara”, bahwa pemimpin yang baik haruslah menjalankan peranan seperti Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, dan Ing Tut Wuri Handayani.

Baca juga:  Asyik Belajar IPS Sejarah dengan Model Group Investigation

Tanggung jawab kepala sekolah pada umumnya adalah sebagai pemimpin di bidang pengajaran, pengembangan kurikulum, administrasi kesiswaan, administrasi personalia staf, hubungan masyarakat, administrasi school plant, perlengkapan, serta organisasi sekolah.

Demikian juga dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar, kepala sekolah menjadi kunci keberhasilan tentang apa yang terjadi pada peserta didik di sekolah dan apa yang dipikirkan orang tua dan masyarakat tentang sekolah. Kepala sekolah dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan mengembangkan hubungan kerja sama yang baik antara sekolah dengan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien.

Inilah yang sering menjadi delima seorang kepala sekolah sebagai seorang pemimpin dituntut dapat menjalin hubungan yang harmonis dan tanggung jawab yang besar. Hubungan yang harmonis ini akan membentuk saling pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan lembaga-lembaga, saling membantu antara sekolah dan masyarakat karena mengetahui manfaat dan pentingnya peranan masing-masing.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Lebih Asyik dengan Musik

Cara kerja kepala sekolah dan cara ia memandang peranannya dipengaruhi oleh kepribadiannya, persiapan dan pengalaman profesionalnya, serta ketetapan yang dibuat oleh sekolah mengenai peranan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Kemana sekolah tersebut akan dibawa dan bagaimana tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin?

Kepemimpinan kepala sekolah sangatlah menentukan dan menjadi faktor utama menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah. Apabila kepala sekolah mampu menggerakkan, membimbing, dan mengarahkan anggota secara tepat, segala kegiatan yang ada dalam organisasi sekolah akan bisa terlaksana secara efektif. Di sini diperlukan tanggung jawab yang besar sebagai seorang pemimpin.

Seorang pemimpin bertanggung jawab atas semua yang dilihatnya. Itu berarti, dia juga bertanggung jawab atas apa yang dilihat oleh organisasinya serta tim yang dipimpinnya. Dia bertanggung jawab atas hasil-hasil yang dicapainya, baik hasil yang baik maupun hasil yang buruk.

Baca juga:  Bernalar Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran IPA

Di SD Negeri 3 Kalirejo ini, penulis menerapkan kerja dengan penuh tanggung jawab, meskipun belum sesuai apa yang menjadi harapan. Semoga peran yang sangat penting ini dijadikan niat baik bagi para kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan dapat dipertanggungjawabkan di akherat nanti. (*/ida)

Kepala SD Negeri 3 Kalirejo, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya