alexametrics

Pembelajaran Bagian-Bagian Tanaman dengan Eksperimen

Oleh: Budi Wiharti,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kita tahu bahwa hal yang dipelajari siswa di sekolah, terutama di SD itu ada berbagai muatan pembelajaran (mupel). Ada IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan Bahasa Jawa. Seorang guru pun harus bisa menguasai semua mupel tersebut. Kalau dulu cara pengajarannya dengan mengunakan mupel tersebut satu persatu. Tetapi kalau sekarang dirangkai dengan beberapa mupel yang disebut pembelajaran tema. Satu tema terdiri atas sub tema. Satu sub tema memuat beberapa mupel pelaksanaannya disebut pembelajaran 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Pembelajaran IPA merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah. IPA didefinisikan sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara alam. Beberapa pengertian tentang IPA antara lain dikemukakan oleh para ahli.

IPA adalah pengetahuan khusus yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi penyimpulan, penyusunan teori dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain (Abdullah, 1998:18).

Baca juga:  Pesan Moral melalui Lirik Lagu Anak

Selanjutnya Ahmad Susanto (2013:167) dalam bukunya yang berjudul Teori Belajar dan Pembelajaran di SD, IPA adalah usaha manusia dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran, sehingga mendapatkan suatu kesimpulan.

IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan sistematis, dan IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep (Sri Sulistyorini, 2007:39). Pada saat ini yang akan dipelajari adalah bagian–bagian.

Pemberian mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memahami/menguasai konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya, serta mampu menggunakan model ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Sehingga lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan penciptanya (Sumaji dkk, 1998:35).

Baca juga:  Belajar Penjasorkes Dinamis dan Interaktif dengan Sway

Salah satu materi IPA adalah mempelajari bagian-bagian tumbuhan beserta fungsinya mulai dari daun hingga bijinya. Daun memiliki fungsi yang penting dalam tumbuhan. Batang tanaman merupakan tempat tumbuhnya ranting. Akar tanaman terletak di bagian bawah tanaman. Ada tumbuhan yang memiliki bunga dan ada yang tidak.

Batang tanaman ada yang berkambium. Contohnya, pohon rambutan, manga, durian, dan jambu. Ada yang tidak berkambium, contohnya pohon papaya, bayam, tomat, dan jagung. Daun macamnya ada yang menjari dan lurus. Misalnya, padi dan tebu. Ada yang seperti sirip, misalnya daun jambu. Sedang akar tumbuhan, ada yang akar serabut, misalnya pepaya, bambu, tomat, dan kelapa. Ada akar tunggang, misalnya mangga, jambu, dan jengkol.

Ketika sedang mempelajari mupel masalah bagian-bagian tanaman dengan metode eksperimen, siswa diminta mencari tanaman yang ada di sekitar sekolah. Kebetulan belakang sekolah adalah lapangan, juga ada sawahnya. Kelihatan sekali antusias mereka. Dengan semangat mereka mencari jenis tanaman.

Baca juga:  Siap ANBK dengan Quizziz Meningkatkan Efektivitas dan Keaktifan Siswa dalam PJJ

Banyak sekali pertanyaan –pertanyaan yang diajukan. Tanaman yang mereka cari pun sesuai dan bervariasi. Terkadang mereka menjerit tertusuk duri, karena tak menyadari bahwa tanaman tersebut ada durinya. Terkadang mereka menutup hidung, karena ada yang berbau. Mereka tertawa –tawa sambil lari-lari. Kadang juga berkejar-kejaran. Sungguh mereka bereksperimen dengan sungguh –sunguh penuh semangat tampak keceriaan di wajah mereka.

Sungguh penulis sangat senang sekali memberikan pembelajaran waktu itu. Karena keantusiasan mereka, pembelajaran menjadi cepat terserap. Pertanyaan –pertanyaan yang diajukan dapat mereka tangkap penjelasannya. Hasil dari pembelajaran waktu itupun berhasil, karena semuanya mencapai nilai di atas KKM. (wa2/aro)

Guru SD Negeri 05 Kabunan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya