alexametrics

Mudah Pahami Geometri dengan Wingeom

Oleh: Nurma Hidayati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah salah satu mata pelajaran dasar bagi ilmu pengetahuan lainnya karena memuat kemampuan untuk berhitung, logika, dan berpikir. Dengan belajar matematika, peserta didik diajarkan untuk berpikir kritis, kreatif dan rasional, sehingga perkembangan matematika dalam dunia pendidikan menjadi penting.

Matematika sering menjadi momok yang menakutkan bagi peserta didik, karena mendengar kata matematika para peserta didik akan merasa bahwa itu adalah pelajaran yang sulit. Begitu juga yang dialami oleh peserta didik di SMA Negeri 8 Purworejo. Padahal jika kita menyukai pelajaran matematika pasti akan menjadi pelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan juga harus didukung dengan media tentunya. Agar yang pembelajaran yang tadinya sulit menjadi mudah dan menyenangkan.

Geometri juga adalah salah satu bagian dari matematika, sering kali peserta didik kesulitan untuk mempelajari hal-hal mengenai geometri dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan geometri. Kendala atau kesulitan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan geometri yaitu guru kesulitan dalam hal menggambarkan bangun ruang ke dalam bahan ajar yang akan diberikan kepada peserta didik, sehingga kurang dapat membantu peserta didik memahami bentuk secara visual.

Baca juga:  Efektivitas E-Modul dalam Pembelajaran Daring pada Materi Vektor

Penggunaan software komputer untuk kegiatan pembelajaran sangat tidak terbatas. Ada software yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran geometri yaitu Wingeom. Program Wingeom yang merupakan singkatan dari Window Geometry adalah salah satu perangkat lunak komputer matematika dinamik (dynamic mathematic software) untuk topik geometri.

Software ini bersifat open source, artinya dapat digunakan secara gratis dan tampilannya dapat disesuaikan dengan yang kita inginkan. Program ini memuat program Wingeom 2-dim untuk geometri dimensi dua dan Wingeom3-dim untuk geometri dimensi tiga dalam jendela yang terpisah. Cara pengoperasian Wingeom ini juga sangat mudah, sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dengan mudah dan tidak ribet.

Untuk pembelajaran matematika di SMA dimensi tiga penggunaan Wingeom 3-dim yaitu untuk menentukan jarak antar titik, jarak titik dengan garis, jarak titik dengan bidang, jarak dua garis dan dua bidang sejajar dan masih banyak lagi. Program Wingeom dapat digunakan sebagai alat pada pembelajaran geometri untuk mempermudah peserta didik dalam menyelesaikan masalah dan mempermudah memahami tampilan atau menggambarkan dimensi tiga agar terlihat lebih konkret.

Baca juga:  Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

Dengan program Wingeom ini, peserta didik juga dapat menggunakannya untuk mengembangkan kreativitas imajinasinya, juga dapat mengeskplorasi, mengamati, melakukan animasi-animasi bangun bangun dan tampilan pada bangun datar, bangun ruang ataupun animasi bangun ruang.

Dengan menggunakan aplikasi Wingeom ini, peserta didik bisa mendapatkan beberapa manfaat antara lain yaitu, pertama dapat digunakan untuk mengembangkan konsep melalui pemahaman tentang bangun ruang, kedua dapat membantu peserta didik untuk bekerja secara cepat dalam mempelajari contoh-contoh permasalahan bangun ruang, ketiga peserta didik akan merasa senang belajar geometri, karena jika peserta didik merasa senang dengan yang dipelajari akan membuat peserta didik mendapatkan hasil yang memuaskan, keempat belajar menggunakan wingeom juga dapat membantu peserta didik menggambarkan bentuk geometri dua dimensi dan tiga dimensi yang abstrak menjadi lebih konkret. Sehingga diharapkan semua peserta didik dapat memahami materi geometri yang telah dipelajari. (p8/aro)

Baca juga:  Pembiasaan Guru adalah Cermin bagi Peserta Didik

Guru SMA Negeri 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya