alexametrics

Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis dan Memeragakan Dialog Drama Sekolah

Oleh: Emi Herowati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MEDIA pembelajaran memiliki peranan penting dalam keberlangsungan proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang optimal mampu mempermudah siswa dalam mencerna materi pelajaran. Seiring perkembangan zaman metode pembelajaran harus memiliki inovasi dan strategi pembelajaran yang menarik dan tidak berkesan monoton sehingga harus melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, tidak semua media pembelajaran dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat dalam mengefektifkan proses pembelajaran.

Oleh karena itu, seorang guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran, serta lebih selektif dalam memilih media pembelajaran.

Proses belajar antara pelajar dengan pengajara sangatlah penting dalam mencapai tujuan yang di inginkan dari kedua belah pihak. Pengajar sangat diharapkan dapat memberikan segala ilmu yang di ajarkan kepada murid, sedangkan murid diharapkan juga menyerap apa yang telah di sampaikan pengajar.

Baca juga:  Gerakan Literasi Sekolah Memaksimalkan Kemampuan Membaca Siswa

Dalam dunia pendidikan memahami akan materi yang disampaikan adalah mutlak harus dipenuhi. Seorang pelajar wajib mengerti akan materi yang diajarkan tidak hanya sekedar tahu akan materi yang telah di sampaikan. Seiring perkembangan zaman metode pembelajaran harus memiliki inovasi dan strategi pembelajaran yang menarik dan tidak berkesan monoton sehingga harus melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.

Youtube sebagai media pembelajaran adalah untuk menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan interaktif. YouTube adalah sebuah situs website media sharing video online terbesar dan paling populer di dunia internet. Sudah saatnya bagi para pendidik untuk memanfaatkan youtube bukan hanya untuk mencari video, namun juga dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran.

Baca juga:  Antusiasme Guru IPS Mengikuti Bimtek PKB Menuju Sukses KP

YouTube dapat menjadi alternatif untuk mempelajari keterampilan menulis dan meragakan dialog drama sekolah, sebagai alat pengajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang aktif antara kelompok-kelompok siswa dalam rangka meningkatkan pengetahuan mereka.

Oleh karena itu media pembelajaran dengan menggunakan video di youtube di harapkan dapat membantu pemahaman bagi pelajar dan pendidik sebagai media pembelajaran Bahasa Jawa terutama dalam kompetensi dasar menulis dan memeragakan dialog drama sekolah kelas IX pada semester dua.

Dengan menggunakan you tube maka siswa langsung berhubungan dengan video pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik.
Mengintegrasikan video tertentu dari Youtube dapat mengembangkan kemampuan apresiatif siswa dan memberikan pengalaman belajar, mencari informasi, mempelajari keterampilan berbahasa dan mendapatkan gambaran visual tentang berbagai praktikum keterampilan berbahasa sehingga siswa mampu mengkomunikasikan atau mempersentasikan hasil-hasil temuannya dari video YouTube tersebut.

Baca juga:  Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar di Masa Pandemi

Kedudukan media pembelajaran sangat membantu pemahaman siswa dalam menulis dan memeragakan dialog drama sekolah kelas IX pada semset dua di SMP Negeri 1 Moga terbukti hasil tingkat pemahaman dan proses pembelajaran akan materi yang di sampaikan akan meningkat, lebih menarik perhatian siswa, bahan ajar akan menjadi lebih jelas maknanya, siswa tidak bosan, siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar seperti mengamati, mendemonstrasikan tidak hanya mendengar guru. Dengan youtube memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan, teknologi, dan kebudayaan. (ump1/zal)

Guru SMPN 1 Moga, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya